https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/issue/feed Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2025-04-17T07:30:52+00:00 Elsa Efrina elsaefrina@fip.unp.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh &nbsp;jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang&nbsp;Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun.&nbsp;</p> https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/1137 Pengaruh Metode Modelling Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Autism Spectrum Disorder 2025-02-28T06:39:30+00:00 Alfina Margina Mukti finagina510@gmail.com Sudarman Sudarman finagina510@gmail.com Rizki Husadani finagina510@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian metode <em>modelling </em>terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada anak <em>autism spectrum disorder</em> di UPTD Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Kota Surakarta, dengan jenis penelitian yang digunakan merupakan kuantitatif dengan desain <em>One-Grup Pre-Test and Post-Test Desain</em>, dengan cara pengambilan data dengan <em>purposive sampling</em> yang menjadi kriteria anak <em>autism spectrum disorder</em>, sampel yang digunakan sebanyak 15 responden. Hasil uji <em>pair t-test</em> diperoleh signifikansi 0,000 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode <em>modelling</em> dalam peningkatan bahasa ekspresif pada anak <em>autism spectrum disorder</em> di UPTD Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Kota Surakarta. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa metode <em>modelling</em> dapat digunakan untuk meningkatkan bahasa ekspresif. Sehingga harapannya terapis maupun orangtua dapat menggunakan metode modelling pada proses terapi berlangsung dan saat dilakukan secara mandiri dirumah untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak.</p> 2025-04-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus