https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/issue/feedJurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus2024-11-18T00:00:00+00:00Elsa Efrinaelsaefrina@fip.unp.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun. </p>https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/844Maps Berbasis Sensor Lidar untuk Navigasi Tunanetra2024-04-18T05:50:56+00:00Arisul Mahdiaarisulmahdi@gmail.comMarlina Marlinamarlinamuluk@fip.unp.ac.idRahmahtrisilvia Rahmahtrisilviarahmahtrisilvia@fip.unp.ac.idSafaruddin Safaruddinsafaruddin@fip.unp.ac.idWawan Purwantowawanpurwanto@ft.unp.ac.id<p><em>This article's goal is to describe the evolution of assistive technology, which includes lidar-based maps for mobility blind navigation. This technology serves as a barrier against the difficulties faced by the blind when doing mobility tasks in areas without easily accessible mobility. The ADDIE development method is used in sensor-based mapping projects that cover analysis, design, development, implementation, and evaluation. The development of assistive technology produced a prototype based on lidar sensor technology that was enhanced with a webcam using a Raspberry Phi 4. This map can accurately depict areas and depict nearby obstacles. The device is then outfitted with a webcam camera that uses voice guidance to go to the destination room while reading the QR Code as a direction indicator. The simplified distance units and steps are easily comprehensible for individuals with visual impairments. Based on conducted studies, lidar sensor-based maps have proven to be an excellent tool for blind people requiring interior navigation.</em></p>2024-11-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusushttps://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/911Membentuk Life Skill dan Kemandirian Anak Disabilitas melalui Program Entrepreneurship di Pondok Perkampungan Ainul Yakin2024-06-11T06:25:02+00:00Puput Nurhayatipuputnurhayati9@gmail.comTogar Siagiantogarsiagian99@gmail.comBono Setyobono.setyo@uin-suka.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program e<em>ntrepeneurship </em>yang telah di implementasikan dapat meningkatkan <em>life skill </em>dan kemandirian para santri arahan bantu dan santri mandiri Pondok Perkampungan Ainul Yakin Gunung Kidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan fokus pada studi kasus di Pondok Perkampungan Ainul Yakin Gunung Kidul. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Subjek penelitian adalah anak-anak disabilitas dari klasifikasi arahan bantu dan mandiri yang telah mengikuti program <em>entrepreneurship</em> di Pondok Perkampungan Ainul Yakin Gunung Kidul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program <em>entrepreneurship</em> telah berhasil dalam meningkatkan <em>life skill </em>dan kemandirian anak disabilitas. Mereka menunjukkan peningkatan dalam keterampilan interpersonal, problem-solving, dan kemandirian dalam kegiatan sehari-hari. Studi ini menunjukkan bahwa program <em>entrepreneurship</em> dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas hidup anak disabilitas. Penelitian ini merekomendasikan agar lebih banyak lembaga pendidikan yang menerapkan program serupa untuk membantu anak-anak disabilitas mencapai potensi mereka. Anak disabilitas merupakan individu yang memiliki perbedaan dalam beberapa aspek, seperti fisik, mental, intelektual, atau sensorik. Anak disabilitas seringkali mengalami keterbatasan dalam keterampilan dan kemandirian yang diperlukan mereka untuk menjalani kehidupan bersosial serta bermasyarakat melalui kegiatan <em>entrepreneurship</em>, anak-anak dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.</p>2024-11-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusushttps://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/932Gambaran Konsentrasi Belajar Siswa Slow Learner pada Salah Satu SMK Negeri di Jakarta2024-06-21T13:45:51+00:00Nadilla Ardananadillaardana@gmail.comMelina Lestarimeliana.lestari@uhamka.ac.id<p>Siswa <em>slow learner</em> memiliki kendala dalam pembelajaran, diantaranya adanya gangguan konsentrasi dan perhatian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran konsentrasi belajar pada siswa <em>slow learner</em> di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif dengan metode naratif. Peneliti melakukan wawancara semi terstruktur pada 5 orang siswa <em>slow learner</em> dari kelas 10 dan 11, dan 5 orang guru, pertanyaan berdasarkan gangguan konsentrasi dalam smith 2014. Analisa data menggunakan Nvivo 14 dengan fitur word cloud dan project map. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi belajar pada siswa <em>slow learner</em>. Siswa <em>slow learner</em> memiliki kesulitan duduk dengan tenang dengan berpindah-pindah tempat duduk, terburu-buru dalam mengerjakan aktivitas praktek, sering berbicara berlebihan, sering barganti-ganti aktivitas, <em>siswa slow learner</em> hanya beraktivitas di dalam kelas, mempunyai kesulitan dalam mempertahankan perhatian, siswa <em>slow learner</em> sering di gangguin teman, Siswa <em>slow learner</em> mempunya kesulitan menjawab pertanyaan dari guru dan teman, siswa <em>slow learner</em> jarang mengerjakan tugas di sekolah, tidak memeperhatikan penjelasan guru di kelas.</p>2024-11-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusushttps://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/950Permainan Money Monopoly sebagai Media Meningkatkan Literasi Keuangan pada Anak Autis 2024-07-08T04:17:36+00:00Ristania Harwin Verdianristaniaharwinv@gmail.comSujarwanto Sujarwantoristaniaharwin@gmail.comWiwik Widjatiristaniaharwin@gmail.comErna Widiastutiristaniaharwin@gmail.com<p>This study aims to enhance the financial literacy skills of autistic students through the use of the educational game Moly. The Moly application is designed as an interactive and engaging Money Monopoly game to help autistic children understand financial concepts, recognize currency denominations, conduct transactions, and manage money in everyday situations. This study employs a Classroom Action Research (CAR) method with two cycles, each consisting of two actions. The sample consists of 6 autistic students at SDLB SLBN Seduri Mojokerto. The results show a significant increase in the financial literacy skills of the students, with the average score rising from 40% in the pretest to 81% in the posttest. Observations during the learning process also indicate increased participation and positive interactions among the students. This improvement reflects the effectiveness of the Moly application in enhancing financial literacy and social skills of autistic students.</p>2024-11-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusushttps://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/954Penerapan Perencanaan Strategis dengan Analisis SWOT di Sekolah Inklusif2024-07-20T10:07:42+00:00Anissa Alhaqqoh Darwisanissazulfahmi@gmail.comEni Susilowatieni.aya12@gmail.comYohanes Tominsentominsenyohanes@gmail.comZunus Matorimatorizunuz@gmail.comNurlaili Nurlailiannissazulfahmi@gmail.com<p>Perencanaan strategis merupakan elemen penting yang memastikan institusi pendidikan dapat mencapai misi dan tujuannya secara efektif. Tahap awal sebelum melakukan perencanaan strategis tersebut adalah dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dikenal dengan analisis SWOT. SLB Negeri Bontang juga melakukan analisis tersebut berdasarkan hasil dari studi dokumentasi berupa rapor pendidikan pada jenjang SD tahun 2023 dan wawancara dengan pihak terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap analisis SWOT yang dilakukan sebelum merumuskan perencanaan pendidikan di SLB Negeri Bontang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan perhitungan analisis SWOT menggunakan studi dokumen dan wawancara. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pengambilan keputusan berdasarkan data akan menguatkan arah pelaksanaan pendidikan. Disamping itu, perencanaan yang disusun berdasarkan analisis yang tepat akan menghasilkan rencana strategis yang efektif dan efisien.</p>2024-11-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusushttps://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/988Kontribusi Work Value Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Disabilitasi di Perguruan Tinggi2024-10-06T06:04:26+00:00Mega Iswarimega_biran@fip.unp.ac.idNurhastuti Nurhastutinurhastuti@fip.unp.ac.idZulmiyetri Zulmiyetriyetrizulmiyetri@gmail.comHumaira Mustikahumairamustika@gmail.comRara Ajengraraajeng@gmail.com<p>Mahasiswa disabilitasi sering menghadapi berbagai hambatan dalam memasuki dunia kerja, baik dari segi aksesibilitas informasi, pengembangan keterampilan, maupun adaptasi di lingkungan kerja. Bimbingan karir yang menekankan pada internalisasi <em>work value</em> diyakini dapat meningkatkan kesiapan kerja mereka. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif desktriptif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 500 mahasiswa. Sampel ini sebanyak 64 mahasiswa di perguruan tinggi Sumatera Barat yang dipilih dengan mengunakan metode <em>clauster random sampling</em>. Instrumen yang digunakan adalah <em>work value</em>, bimbingan karir dan kesiapan kerja mahasiswa disabilitas yang dikembangkan sendiri. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi <em>work value</em> dalam bimbingan karir terhadap kesiapan kerja mahasiswa disabilitasi di perguruan tinggi sumatera barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara bimbingan karir berbasis <em>work value</em> dengan kesiapan kerja mahasiswa disabilitas. Bimbingan karir yang efektif tidak hanya memberikan informasi karir yang relevan, tetapi juga membantu mahasiswa mengembangkan nilai-nilai kerja seperti tanggung jawab, ketekunan, dan adaptabilitas, yang penting dalam menghadapi tantangan di dunia kerja. Penelitian ini juga menemukan bahwa mahasiswa disabilitasi yang mendapatkan bimbingan karir dengan penekanan pada <em>work value</em> menunjukkan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dan kemampuan yang lebih baik dalam menavigasi tantangan di lingkungan kerja.</p>2024-11-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusushttps://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/900Analisis Keterlambatan Berbicara Pada Anak2024-04-18T06:06:45+00:00Annisa Aulia Gustianaannisaauliagustiana@gmail.com<div><span lang="EN-US">Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterlambatan berbicara pada anak yang dapat mengidentifikasi faktor penyebab dan memperkuat dukungan keluarga dalam mengatasi masalah perkembangan berbicara pada anak. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif merupakan suatu metode untuk menjabarkan atau menggambarkan fakta, data, informasi, dan objek penelitian dengan terstruktur dan sesuai dengan kondisi situasi pada saat itu. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data pendekatan kualitatif yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Secara umum faktor yang menyebabkan keterlambatan berbicara pada anak yaitu faktor genetik dan lingkungan. Sesuai dengan keadaan AR, penyebab dari keterlambatan berbicara dikarenakan faktor lingkungan. Berdasarkan pengakuan Ibu AR, anaknya dititipkan kepada neneknya ketika ia dan suaminya bekerja di siang hari. Keterlambatan berbicara dapat berdampak pada kesulitan berkomunikasi dan sulit mengatur emosi. Menurut orang tua AR, AR memiliki emosi yang tidak stabil karena ia masih belum mampu mengekspresikan apa yang dia inginkan dengan baik. Orang tua dapat membantu anak mengatasi keterlambatan berbicara dan mengembangkan keterampilan komunikasi yang penting dengan memberikan perhatian, motivasi, dan dukungan yang tepat. Peran orang tua AR membuahkan hasil ditandai dengan kondisi AR yang jauh lebih baik dan sudah memiliki teman di sekolah maupun di rumah.</span></div>2024-11-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusushttps://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/926Peran Pendidikan Inklusif: Strategi dan Tantangan dalam Penghapusan Diskriminasi terhadap Anak-Anak Berkebutuhan Khusus2024-06-19T07:02:28+00:00Rahayu Fuji Astutirahayu.pujia@potensi-utama.ac.idKhairunnisa Ani Putrikhairunnisaaniputri10@gmail.com<div><span lang="IN">This study seeks to gain a thorough understanding of the experiences of children with special needs in inclusive education and efforts to eliminate discrimination against them in schools that provide inclusive education.</span></div> <div><span lang="IN">The approach utilized in this research is qualitative, which allows for in-depth information gathering through conducting interviews, observations and analyzing documents. The outcomes show the need for supportive policies, customized school services, adjustments to learning materials, and active participation of parents in promoting the development of children with disabilities. In addition, Islamic views also emphasize the importance of eliminating discrimination against children with disabilities by emphasizing human values such as respect, justice, care, solidarity, humanity, diversity and human rights. These values align with the principles of inclusive education which aims to create a fair and friendly environment for all children. This research is anticipated to contribute to science, especially in developing more effective and humane inclusive education policies and practices, as well as promoting the formation of an inclusive and just society for all individuals, including children with special needs.</span></div>2024-11-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusushttps://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/893Analisis Pola Interaksi Guru dan Anak dengan Sindrom Down dalam Konteks Sosiologi2024-04-18T03:27:50+00:00Muhammad Irfan Abdullahm.irfanabdullah.01@gmail.comMeli Fauziahm.irfanabdullah.01@gmail.com<div><span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana dinamika komunikasi antara guru dengan anak sindrom down untuk menelaah hubungan anak sindrom down dengan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi partisipatif digunakan untuk merekam interaksi dalam berbagai situasi pembelajaran dan lingkungan inklusif. Teori interaksionisme simbolik Herbert G. Blumer digunakan untuk menjelaskan proses interaksi berdasarkan pemaknaan antara bentuk interaksi simbolis dan non-simbolis dalam mewujudkan konsep tindakan bersama sebagai hasil interaksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen kepada guru dan orang tua murid dengan teknik pemilihan informan melalui <em>purposive sampling.</em> Penelitian ini melibatkan guru dan anak sindrom down di SLB YKS 3 Katapang yang melibatkan dua orang guru dan dua anak sindrom Down sebagai objek penelitian. Temuan menunjukkan adanya variasi dalam pola interaksi antara guru dan anak dengan sindrom Down, dengan beberapa poa yang menekankan pada pendekatan individualis dan responsif, sementara yang lain cenderung lebih terstruktur dan berorientasi pada tujuan. Implikasi penelitian untuk praktik pendidikan inklusif dan pengembangan intervensi pedagogis yang lebih efektif juga dibahas dalam artikel ini. penelitian ini berkontribusi pada gambaran bagi masyarakat dalam memahami bagaimana anak sindrom down dalam berinteraksi dan mengurangi pandangan negatif terhadap anak disabilitas, terutama anak sindrom down.</span></div>2024-11-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus