https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/issue/feedJurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus2025-04-17T07:30:52+00:00Elsa Efrinaelsaefrina@fip.unp.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun. </p>https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/1137Pengaruh Metode Modelling Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Autism Spectrum Disorder2025-02-28T06:39:30+00:00Alfina Margina Muktifinagina510@gmail.comSudarman Sudarmanfinagina510@gmail.comRizki Husadanifinagina510@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian metode <em>modelling </em>terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada anak <em>autism spectrum disorder</em> di UPTD Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Kota Surakarta, dengan jenis penelitian yang digunakan merupakan kuantitatif dengan desain <em>One-Grup Pre-Test and Post-Test Desain</em>, dengan cara pengambilan data dengan <em>purposive sampling</em> yang menjadi kriteria anak <em>autism spectrum disorder</em>, sampel yang digunakan sebanyak 15 responden. Hasil uji <em>pair t-test</em> diperoleh signifikansi 0,000 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode <em>modelling</em> dalam peningkatan bahasa ekspresif pada anak <em>autism spectrum disorder</em> di UPTD Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Kota Surakarta. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa metode <em>modelling</em> dapat digunakan untuk meningkatkan bahasa ekspresif. Sehingga harapannya terapis maupun orangtua dapat menggunakan metode modelling pada proses terapi berlangsung dan saat dilakukan secara mandiri dirumah untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak.</p>2025-04-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus