Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk <p>Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh &nbsp;jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang&nbsp;Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun.&nbsp;</p> en-US <p>All texts that have been entered will become copyright.&nbsp;</p> <p><br><br></p> elsaefrina@fip.unp.ac.id (Elsa Efrina) johandri.taufan@fip.unp.ac.id (Johandri Taufan) Thu, 17 Apr 2025 07:30:52 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Metode Modelling Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Autism Spectrum Disorder https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/1137 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian metode <em>modelling </em>terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada anak <em>autism spectrum disorder</em> di UPTD Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Kota Surakarta, dengan jenis penelitian yang digunakan merupakan kuantitatif dengan desain <em>One-Grup Pre-Test and Post-Test Desain</em>, dengan cara pengambilan data dengan <em>purposive sampling</em> yang menjadi kriteria anak <em>autism spectrum disorder</em>, sampel yang digunakan sebanyak 15 responden. Hasil uji <em>pair t-test</em> diperoleh signifikansi 0,000 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode <em>modelling</em> dalam peningkatan bahasa ekspresif pada anak <em>autism spectrum disorder</em> di UPTD Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Kota Surakarta. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa metode <em>modelling</em> dapat digunakan untuk meningkatkan bahasa ekspresif. Sehingga harapannya terapis maupun orangtua dapat menggunakan metode modelling pada proses terapi berlangsung dan saat dilakukan secara mandiri dirumah untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak.</p> Alfina Margina Mukti, Sudarman Sudarman, Rizki Husadani Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/1137 Thu, 17 Apr 2025 00:00:00 +0000