Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SLB-D, dengan Subjek tunggal yang berinisial IL kelas 3 SMA. Minat dan motavasi IL dalam pembelajaran membaca sangat kurang yang berdampak pada kemampuan membaca permulaanya. Hal itu  melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pemahaman notasi alfabet pada permainan djembe terhadap kemampuan membaca permulaan siswa cerebral palsy. Peningkatan kemampuan membaca permulaan dapat terlihat dari hasil data pada  fase Baseline-1, Intervensi, dan Baseline-2. Kemampuan dalam membaca permulaan meliputi; mengenal huruf, membaca suku kata, membaca kata dan membaca kalimat sederhana. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan Single Subject Research dengan menggunakan desain A-B-A. Penyajian data diolah dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan persentase dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mean kemampuan awal IL dalam dalam membaca permulaan pada fase Baseline-1 dengan mean sebesar 30,07% yang menggambarkan kemampuan membaca permulaan masih kurang, setelah melewati fase intervensi kemampuan membaca permulaan meningkat dengan mean sebesar 79% pada fase Baseline-2 yang artinya baik. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini, membuktikan bahwa pembelajaran melalui pemahaman notasi alfabet pada permainan djembe berpengaruh pada peningkatan kemampuan membaca permulaan IL, siswa cerebral palsy di SLB-D.

Keywords

Siswa Cerebral Palsy, Kemampuan Membaca Permulaan, Pemahaman Notasi Alfabet Pada Permainan Djembe. Siswa Cerebral Palsy, Kemampuan Membaca Permulaan, Pemahaman Notasi Alfabet Pada Permainan Djembe.

Article Details

How to Cite
Haqq, A. M., & Vernanda, G. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Cerebral Palsy melalui Pemahaman Notasi Alfabet pada Permainan Djembe di SLB-D. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 51–55. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.443

References

    Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
    Anonim. (2013). Notasi Musik. [Online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Notasi_musik [Diakses pada tanggal 20 Mei 2013].
    Anonim. (2013). Pengertian Permainan. [Online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan [Diakses pada tanggal 12 September 2013].
    Arikunto, Syharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
    Badudu. (2003). Kamus Kata-kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
    Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
    Delphie, Bandi. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Refika Aditama.
    Lubis, Ibrahim. (2012). Hakikat Pembelajaran Efektif. [Online] Tersedia: http://makalahmajannaii.blogspot.com/2012/02/hakikat-pembelajaran-efektif.html. [Diakses pada tanggal 12 September 2013].
    Muslim. A dan Sugiarmin. M (1996). Ortopedi dalam Pendidikan Anak Tuna daksa. DEPDIKBUD:
    Natawidjaja, Rochman. (-). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: PT NEW AQUA PRESS.
    Purwanto, N.M. dan Alim, D. (1997). Metodelogi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Rosda Karya.
    Rochyadi, Endang. (2011). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KESADARAN LINGUISTIK DAN KESADARAN PERSEPSI VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK TUNAGRAHITA, Disertasi S3 Prodi PK UPI, Bandung.
    Sari, T.P. (2012). Pengembangan Software Notasi Angka. Skripsi pada FBS UNY: tidak diterbitkan.
    Seno, Tony. (2008). Djembe dari Bali. [Online]. Tersedia: http://tonyseno.blogspot.com/2008/01/djembe-dari-bali.html. [Diakses pada tanggal 1 April 2013].
    Sugiarsih, Septia. (2010). Permainan Bahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: tidak diterbitkan.
    Sugiyono. 2008. Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
    Sunanto, Juang. Takeuchi, Koji. Nakata, Hideo. (2006). Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Press
    Tarigan, H.G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:PT Angkasa.
    Tim Seni Musik SMA. (2002). Pendidikan Seni Musik 1 untuk SMA Kelas 1. Bekasi: PT Galaxy Puspa Mega.
    UPI. (2012). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. UPI
    Wardhani, I.G.A.K. ,Hernawati, T. , Astati. (2007). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
    Widati, S. (2007). Pendidikan Anak Tunadaksa. Handout dalam perkuliahan PLB FIP UPI, Bandung.