Main Article Content

Abstract

Tidak semua orang menyukai dan memiliki kemampuan di bidang matematika, hal ini bisa jadi disebabkan karena salah satu gangguan belajar yaitu diskalkulia. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak diskalkulia dalam berhitung penjumlahan dengan menggunakan media Stamp Game. Penelitian ini menggunakan jenis desain eksperimen kasus tunggal. Subjek yang di teliti meliputi tiga orang anak diskalkulia yang dipilih menggunakan Tektik Purposive Sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa medi Stamp Game dapat meningkatkan kemampuan berhitung (penjumlahan) pada siswa sekolah dasar yang diskalkulia.

Keywords

kemampuan menjumlah, anak diskalkulia, dan media Stamp Game

Article Details

How to Cite
Latifah, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Anak Diskalkulia dengan Media Stamp Game. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.555

References

    Baiquni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Metematika. Jkpm, 01(02), 193–203.
    Judha Baswara Adhim dan Yuliati. (2019). JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS IDENTIFIKASI ANAK KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA ( DISKALKULIA ) DI SEKOLAH DASAR Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya Untuk memenuhi Persyaratan Penyelesaian Program Sarjana Pendidikan Luar Biasa Oleh : JUDHA BASWARA ADHIM U.
    Kusumawardani, Z. (2016). Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Purwokerto. 1–25.
    Reafani, S. L., Fatmawati, & Irdamurni. (2018). Media Puzzle Kartu Angka Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, I(1), 13–18. https://doi.org/10.24036/jpkk.v1i1.
    Wulandari, S dan Prasetyaningrum, S. (2018). Media Stamp Game untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Slow Learner di Sekolah Dasar. (Jurnal Ilmuah Psikologi), 131-148
    Irving, S. C. (2017). Montessori Parent Education: An Action Research Report Master of Arts in Education Action Research Papers, 208,1-36
    Mariah, Aprinastuti, & Anggadewi. (2017). Pengembangan Alat peraga untuk meningjatkan kemampuan belajar matematika pada anak dengan ADHD. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia dengan tema peran psikologi perkembangan dalam pembunuhan humanitas pada era digital. 240-250
    Runtukuhu, J. Tombokan & Slpinus Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan belajar. Yogyakarta: AR Ruzz Media
    Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
    Gutex, G. L. (2013). Metode Montessori. (Terj. Lazuardi. AL.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
    Paramita, V. D. (2017). Jatuh Hati Pada Montessori. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
    Achyar. (2014). Konsep Pengembangan Presepsi Visual, Auditori, Kinestetik dan Taktil Bagi anak Berkesulitan Belajar, Kementrian P dan K, P4TK dan PLB. Bandung.
    Raysia, T. (2016). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Tunas Melati Bandar Lampung. 2016.
    Joni. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu. Jurnal PAUD Tambusai, 2(1), 1–10.
    Romlah, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitun Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa.72-77.
    Tarigan, Datin. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi
    Fatmawati, N (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 324-336
    Azlin, R., & Iswari, M. (2020). Efektifitas Media Mesin Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Penjumlahan Pada Anak Kesulitan Belajar. Ranag reaserch: Journal of Multidisciplinary Reaserch dan Development, 2 (2), 29-37
    Lestari, N. (2014). Pengaruh Penggunaan Benda Realita Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar Negeri Setia Darma 03 Tambun Selatan. Pedagigik, Vol.2/2:1-8.
    Nasution, A. S., & Wulan, D. S. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Benda Realita. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 2(1), 123-129
    Mukarromah, O. H., & Budihari, S. S. (2017). Pengembangan Alat Peraga Montessori untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung SIswa Kelas Iii
    Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan menggunakan media manipulatif In Forum Paedagogik (Vol. 6, No. 01)
    Annisah, S. (2017). Alat peraga pembelajaran matematika. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 1-15
    Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1)
    Mariyah, M. Aprinastuti C., &Anggadewi, B. E. T. (2017). Pengembangan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar MAtematika Pada Anak Dengan ADHD. Prosiding Temu Ilmuah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, I.
    Setyosari, P., & Sihkabuden. (2005). Media pembelajaran. Malang: Elang Emas
    Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasa
    Jannah, R. (2011). Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainnya. Yogyakarta: Diva Press.
    Endyah Murniati. 2012. Mengajarkan Matematika Dengan Fun. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
    Yuwono, I., Kamil, M., Rahardia, D., & Abdu, W. J. (2017). The Effect of Guidance and Counseling Programs on the Lear Processes of Visually Impaired High School Students. International Journal of Special Education, 32(4), 877-887.
    Ariynti, A., &Mislimin, Z. I. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas 2 di SDN 2Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1).
    Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan ALat Peraga terhadap hasil Pembelajaran Matematika pada anak Usia DIni. Jurnal AL-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297-305.
    Subini, N. (2012). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Jogjakarta:Javalitera
    Iftayani, I. & Ratnaningsih, A. (2018). Profil Kesulitan Belajar Matematika dan Kecenderungan Diskalkulia Pada Siswa Sekolah Dasardi Purworejo. In SemNasPsi (Seminar Nasional Psikologi) (Vol. 1, No. 1, pp. 41-52)
    Utomo, P. (2019). IMPLEMENTASI METODE REHEARSAL PADA GAME UNTUK ANAK PENDERITA DISKALKULIA (Doctoral dissertation, University of Technology Yogyakarta).
    Latipun. (2015). Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.
    Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14-20
    Hakim, D. L. (2017). Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas Vii Smp di Karawang
    Hakim, D. L., & Sari, R. M. M. (2019). Aplikasi Game Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 129-141
    Yovelia, N., & Efendi, J. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Pengurangan Deret Kebawah Anak Diskalkulia Menggunakan Gelas Bilangan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(1), 35-42
    Suzana, Y., & Maulida, I. (2019). Mengatasi Dampak Negatif Diskalkulia Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7(01), 15-26. Suzana, Y., & Maulida, I. (2019). Mengatasi Dampak Negatif Diskalkulia Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7(01), 15-26.
    Setiawan, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Matematika di ra ma'arif 1 kota metro. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 181-188