Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi terkait kebijakan sekolah dalam pembelajaran dimasa covid 19 bagi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian mendeskripsikan dampak dari kebijakan yang di berikan sekolah bagi siswa-siswa berkebutuhan khusus saat pembelajaran daring, serta permasalahan apa yang ditimbulkan dari kebijakan tersebut dan solusi apa yang diberikan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Adapun metodologi dalam penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan-kebijakan yang diberikan adalah menerapkan pembelajaran secara tatap muka melalui pembatasan jumlah siswa sesuai dengan protokol kesehatan. Pembelajaran dilakukan pershift dengan 3 hari tatap muka. 3 hari secara daring. Kendala dalam penerapan kebijakan ini diantaranya sulitnya jaringan saat pembelajaran secara daring dilakukan. Solusi dalam kebijakan ini yaitu adanya kunjungan rumah yang dilakukan guru, selain itu sekolah juga memberikan kemudahan dengan memperbolehkan orang tua untuk mengantarkan tugas siswa ke sekolah

Keywords

Kebijakan Kepala Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Covid 19

Article Details

How to Cite
Maria, R., Taufan, J., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19 bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di MTsN 10 Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 89–95. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.575

References

    Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

    Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

    Hermanto, Arita Marini, & Mohamad Syarif Sumantri. (2020). Studi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.936 ISSN

    Milles, & Huberman. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Los Angeles: SAGE Publications.

    Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

    Purwanto, A., & dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology, and Counseling. Wekke.

    Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 2(2), 24–24.

    Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072