Main Article Content

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di SLB Luak Nan Bungsu pada anak tunarungu kelas VIII yang menggunakan metode ceramah, mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam membuat gantungan kunci manik-manik. Peneliti ingin meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat gantungan kunci manik-manik melalui metode practice rehearsal pairs.


Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri II siklus. Setiap siklus terdiri dari enam kali pertemuan tatap muka dan di setiap pembelajaran dilakukan evaluasi.


Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan peningkatan kemampuan membuat keterampilan gantungan kunci manik-manik secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan (assessment) M 33,3%, S 50%, J 20,8%, dan E 62,5%. Siklus I M 62,5%, S70,8 %, J 45,8%, dan E 75%. Siklus II nilai bertambah menjadi M 83,3%, S 83,3%, J 75%, dan E 100%.


Dapat disimpulkan metode practice rehearsal pairs dapat meningkatkan keterampilan membuat gantungan kunci manik-manik bagi anak tunarungu.

Keywords

gantungan kunci manik-manik , metode practice rehearsal pairs anak tunarungu

Article Details

How to Cite
Efendi, J., & Ningsih, M. Y. (2018). Keterampilan Membuat Gantungan Kunci Manik-Manik Melalui Metode Practice Rehearsal Pairs Pada Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 1(1). Retrieved from https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/201

References

    Darmastuti, Tanti. (2012). Meningkatkan keterampilan motorik halus dalam kegiatan meronce dengan manik-manik melalui metode demonstrasi pada anak di TK Khadijah 2 Surabaya. Jurnal Nasional. Diakses pada tanggal 23 Februari 2017.
    Uno, Hamzah B. Dkk. (2012). Menjadi Peneliti Ptk Yang Professional. Jakarta:Bumi Aksara.
    Istarani. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
    Krug, Entienne Dkk.(2016) Childhoot hearing loss. (Journal international). Diakses tanggal 2 Maret 2017.
    Melinda, Elly Sari & Iis Sri Heryati. (2013). Bina Komunikasi, Persepsi Bunyi & Irama. Jakarta Timur: Pt. Luxima Metro Media.
    Soemarjadi, Muzni Ramanto & Wikdati Zahri. (1991). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud .
    Suharsimi Arikunto. (2006). Manajemen penelitan. Jakarta Indonesia.
    Silberman, mel. (2009). Active learning: 101 strategi pembelajaran akktif. Yogjakarta: Yappendis.
    Supriyono. (2013). Cooperatif learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yokyakarta. Pustaka pelajar.
    Rini, Ayu. (2010). Kreasi Mote. Jakarta : Pustaka Mina
    Yuki. (2012). Aksesories cantik dar manik-manik. Jakarta. Puspa swara

Most read articles by the same author(s)