Main Article Content

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan dilapangan terdapat dua orang anak tunagrahita yang mengalami permasalahan belum bisa membuat bunga dari sabun dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keterampilan membuat bunga dari sabun pada anak tunagrahita kelas VII di SLB Salsabilla Indah Padang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan tatap muka dan disetiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Metode penelitian ini peneliti lakukan dengan berkolaborasi dengan guru kelas. Siklus yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan tes.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam membuat bunga dari sabun mengalami peningkatan. Hal ini diperoleh melalui data penelitian yang telah dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan membuat bunga dari sabun dapat meningkat melalui model pembelajaran SAVI.

Keywords

bunga dari sabun, model pembelajaranSAVI, anak tunagrahita

Article Details

How to Cite
Fadhilah, A., Efendi, J., & Marlina, M. (2019). Pengaruh Model Pemebelajaran SAVI pada Keterampilan Bina Diri bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 1(1). Retrieved from https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/122

References

    Ardha, Ray Yulia. 2017. Keterampilan Sosial Anak Tunagrahita Ringan di Sekolah Inklusi. Jurnal Jassi anak. (Volume 18 Nomor 2, Desember 2017)
    Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
    Azizah, Nur. (2016). Penerapan Pendekatan Soumatic Audio Visual Intelectual Pada Materi Sumber Bunyi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Pena Ilmiah (Nomor 1 tahun 2016), 9-10
    Bibit Jaelani, Moh. (2014). Metode Drill Bermedia Video Terhadap Keterampilan Bina Diri Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus (No 1 .Tahun 2014, 5-6.
    Kusumawati, Sri wahyu. (2014). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar.(Jurnal JPGSD Nomor 02,8-9.
    Marlina, M. (2013).PeerMediated Intervention for Improving Social Skills of Children with Learning Disabilitities in Inclusve Elementary School. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH), 2(4), 368-382.
    Ngalimun. 2012. Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
    Trinova, Zulvia. 2012. Hakikat Belajar dan BermainMenyenangkan. Jurnal Al-Ta’alim (Nomor 3 tahun 2012). 212.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>