Main Article Content

Abstract

Pengelolaan kelas berkaitan dengan strategi guru dalam mengatasi masalah-masalah selama pembelajaran berlangsung agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Keterampilan ini sangat dibutuhkan dalam pembelajaran terutama bagi guru yang melaksanakan pembelajaran di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif dan tidak memiliki guru pendidikan khusus. Salah satunya SDN 26 Rimbo Kaluang Padang yang telah menyelenggarakan pendidikan inklusif dan terdapat anak berkebutuhan khusus salah satunya anak berkesulitan belajar. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi anak berkesulitan belajar di kelas lima SDN 26 Rimbo Kaluang Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang terjadi sebagaimana adanya saat penelitian terjadi melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru terhadap anak berkesulitan belajar tidak jauh berbeda dengan anak-anak pada umumnya, baik dari penyusunan rencana pembelajaran hingga pelaksanaannya dalam mengelola kelas.

Keywords

Pendidikan Inklusif Pengelolaan Kelas Anak Berkesulitan Belajar

Article Details

How to Cite
Edward, C., Sopandi, A. A., & Kasiyati, K. (2018). Pengelolaan Kelas Inklusif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Anak Berkeasulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 53–58. Retrieved from https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/307

References

    Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
    Andayani. (2015). Problema dan Aksioma Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta :Deepublish
    Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta
    Irdamurni, Rahmiati. (2015). Pendidikan Inklusif (Sebagai Solusi dalam Mendidik Anak Istimewa). Bekasi: Paeda
    Irdamurni, Kasiyati, Zulmiyetri, J. T. (2018). The Effect of Mingle Model to Improve Reading Skills for Students with Dyslexia in Primary School. Journal of ICSAR, 2(2), 167.
    Jamaris, M. (2009). Kesulitn Belajar (Perspektif Assesmen Dan Penanggulangannya). Jakarta :Yayasan Penamas Murni
    Taufan, J., & Mazhud, F. (2016). Kebijakan-Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Penyelengaraan Pendidikan Inklusif Di Sekolah X Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 62–75.
    Kustawan, D. (2012). Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: PT Luxima Metro Media
    Mijahamuddin, A. (2009). Meningkatkan Profesional Guru Sains Sekolah Dasar Kecamatan Suralaga. Jurnal Educatio (Vol.4 No.2, Desember 2009), 101-117.
    Prastiyono. (2013). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif. DIA, Jurnal Administrasi Publik (Vol.II, No.1, Juni 2013), 117-128.
    Romadhlon, A., Dkk. (2006). Tulkit LIRP:Disiplin Positif dalam Kelas Inklusif Ramah Pembelajaran. Bangkok : UNESCO
    Rusydie, S. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas. Yogyakarta: Diva Press
    Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish
    Sunarno. (2002). Pengelolaan Pembelajaran Inklusif di Sekolah Dasar. Publikasi Ilmiah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Jurnal Kependidikan (Vol II No.2 November 2014).
    Supardjo. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Negeri III Giriwono Wonogiri. Publikasi Ilmiah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>