Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi gaya belajar visual pada siswa tunagrahita kategori sedang. Melalui wawancara dengan guru dan orang tua siswa, serta analisis penelitian terkait, ditemukan bahwa subjek penelitian cenderung memperoleh pemahaman yang lebih baik melalui penggunaan media visual seperti gambar dan video. Subjek juga menunjukkan kecenderungan untuk memerlukan pengulangan yang berulang-ulang dalam pembelajaran serta dipengaruhi oleh suasana hati dalam mempertahankan konsentrasi. Kesimpulan penelitian ini memberikan arahan bagi para pendidik dan orang tua untuk memanfaatkan media visual dalam proses pembelajaran dan memperhatikan kondisi emosional subjek guna meningkatkan efektivitas pendidikan siswa tunagrahita kategori sedang

Keywords

Gaya Belajar Visual Tunagrahita Sedang

Article Details

How to Cite
Haida Al Wasyi, W. I., Sukmanasa, E., & Irdiyansyah, I. . (2023). Analisis Gaya Belajar Visual Pada Siswa Tunagrahita Kategori Sedang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 167–172. https://doi.org/10.24036/jpkk.v7i2.797

References

  1. Azis, F. R. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Siswa Berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 6(1), 27-28. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v6i1.2658
  2. Fauzan. (2020). Perencanaan Pembelajaran di SD/MI. Jakarta: Kencana Publisher.
  3. Khairiyah, M. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Islam Bayt Assalam Pecangaan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3143-3156. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.817
  4. Safaruddin, S., Fatmawati, F., & Budi, S. (2019). Program Pelatihan Menggosok Gigi Dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 35–38. https://doi.org/10.24036/jpkk.v3i2.542
  5. Sukmanasa Elly, N. L. (2019). Pengantar Anak Berkebutuhan Khusus. Bogor: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan.
  6. Sutriani, E. (2018). Gaya Belajar Siswa Berprestasi Akademik Pada Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 02 Kecamatan Sabak Au. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 2(6), 984-993. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6541