Main Article Content

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di kelas VII tunarungu di SLB Perwari. Dua orang siswa mengalami masalah dalam membuat abon ikan. Selama ini guru menggunakan metode ceramah dan penugasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah metode proyek dapat meningkatkan keterampilan membuat abon ikan pada anak tunarungu, serta mendeskripsikan proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membuat abon ikan melalui metode proyek pada anak tunarungu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi peneliti dengan guru kelas. Sebagai subjek penelitian dua orang siswa tunarungu kelas VII dan satu orang guru kelas. Data diperoleh melalui observasi, dan tes perbuatan. kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian setelah diberikan perlakuan selama delapan kali pertemuan menunjukkan bahwa kemampuan awal sebelum perlakuan membuat abon ikan  oleh TK 40% dan TS 34%. Sedangkan pada akhir siklus I kemampuan TK meningkat (64%) dan TS (64%). Pada siklus II kemampuan TK meningkat menjadi (92%) dan TS (89%).

Keywords

anak tunarungu metode proyek keterampilan membuat abon ikan

Article Details

How to Cite
Nasliah, S., & Sopandi, A. A. (2019). Penerapan Metode Proyek dalam Keterampilan Membuat Abon Ikan pada Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(1), 60–65. Retrieved from https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/228

References

    Ade Yeti N. (2003). Seri Pengolahan Hasil Perikanan Siap Saji. Bandung: CV Karya Putra Darwati.
    Aqib, Zainal. (2014). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
    Asrori, Muhammad. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima Pembelajaran.
    Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Keterampilan SMP dan MTS. Jakarta.
    Djamarah & Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
    Fachruddin, L. (1997). Membuat Aneka Abon. Yogyakarta: Kanisus
    Kosasih, E. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.
    Moeslichatoen. (1999). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen PK dan Rineka Cipta.
    Somad, Permanarian & Hernawati, Tati. (1996). Ortopedagogik Tunarungu. Bandung: Depdikbud
    Somantri Sutjihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditam

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>