Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, adanya guru kelas yang kurang memiliki keterampilan dan ilmu pengetahuan tentang membuat kotak tisu dari koran bekas, sehingga mengakibatkan anak tunarungu juga mengalami masalah dalam membuat kotak tisu dari koran bekas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Proses pembelajaran membuat kotak tisu pada anak tunarungu kelas VIII dilakukan dengan pendekatan PAKEM. 2). Hasil keterampilan membuat kotak tisu dari koran bekas meningkat melalui pendekatan PAKEM. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan melalui pendekatan PAKEM dapat meningkatkan keterampilan membuat kotak tisu dari koran bekas.

Keywords

Kata kunci : pendekatan PAKEM, anak tunarungu, kotak tisu

Article Details

How to Cite
Satria, D. S., Amsyaruddin, A., & Marlina, M. (2018). Keterampilan Membuat Kotak Tisu Melalui Pendekatan Pakem Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 22–25. https://doi.org/10.24036/jpkk/vol2-iss1/27

References

    Asmani. 2015. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta:Diva Press
    Marlina. 2009. Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.
    Melinda, E. dan Heryati, L. 2013. Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama. Bandung: PT. Luxima Metro Media
    Rahman, Muzdalifah M. 2014. Memahami Prinsip Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Elementary.2(1), 170-174
    Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
    Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
    Soemantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>