Main Article Content

Abstract

Anak down syndrome masih bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenal huruf walau dibayangi keterbatasan intelegensi, maka diciptkanlah sebuah model pembelajaran mengenal huruf berbsasis game flash game ini diberi nama Tau Jo Huruf, Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ( R & D ), yang mengacu pada teori Borg and Gall (1983). Subjek penelitian adalah siswa downsyndrome SMPLB dan SMALB di YPPLB Padang. Penelitian menghasilkan suatu model pembelajaran mengenal huruf  berbasis game yang dijalankan pada perangkat komputer untuk mengenalkan pada anak downsyndrome.

Keywords

Model pembelajaran mengenal huruf, Downsydrome, Game Tau Jo Huruf

Article Details

How to Cite
Safrial, R. bin, Marlina, M., & Irdamurni, I. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Game Flash Tau Jo Huruf bagi Anak Down Syndrome. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i1.53

References

    Ahmad Akrom Nur Fuqoha. 2015. Penngembangan Game RPG Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Segiempat dan Segitiga Untuk Anak SMP Kelas VII. Yogyakarta: eprint.uny.ac.id.
    Anonim. 2013. Membuat Game Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6: Hidden Objek, scary maze, puzzle, tangkap objek, fighter plane, beda gambar, snake brake, dan avoiding. Yogyakarta. ANDI dan Wahana Komputer.
    Gunarhadi. 2005. Penanganan Anak Sindroma Down dalam Lingkungan Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
    Ghea Putri Fatma Dewi. 2012. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Anak SD Berbasis Macromedia Flash. Yogyakarta: eprint.uny.ac.id.
    Henry, Samuel. 2010. Cerdas dengan Game: Panduan Praktis Bagi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Bermain Game. Jakarta: KOMPAS GRAMEDIA.
    Keraf, Gorys. 1994. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.
    Martini, Jamaris. 2009. Kesulitan Belajar. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.
    Perkins, Tom. 2014. ActionScript 3.0 In Flash Professional CS5 Essential Training. www.Adobe.com
    Radion, Kristo. 2009. Ultimate Game Design: Building RPG Games Using Adobe Flash ActionScript. Yogyakarta: ANDI.
    Sunyoto, Andi. 2010. Adobe Flash + XML = Rich Application: Sebuah Integrasi Antara Aplikasi Multimedia dan Database dalam Mengahasilkan Rich Multimedia Application. Yogyakarta: ANDI.
    Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: ALFABETA.

    Tim Litbang Wahana Komputer. 2014. Mudah Membuat Game Android Bebasis Adobe AIR. Yogyakarta. ANDI dan Wahana Komputer.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>