Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas isi dari sebuah instrumen. Instrumen yang dimaksud ialah instrumen validasi ahli terkait keberfungsian sebuah prototype untuk mendeteksi emosi anak gangguan spektrum autisme (GSA). Desain prototype ini disebut emotion detection tool (EDT). Validitas isi merupakan aspek penting dalam memastikan bahwa instrumen yang digunakan dapat secara akurat dan tepat mengukur indikator yang seharusnya ada dalam instrumen terkait. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, yang melibatkan empat orang ahli yaitu ahli elektronika, ahli informatika, ahli pendidikan luar biasa dan ahli sekolah luar biasa. Validitas isi instrumen ini dilakukan dengan memberikan penilaian pada 11 indikator utama yang dianalisis menggunakan Indeks Aiken untuk menentukan sejauh mana item-item dalam instrumen tersebut memenuhi kriteria validitas isi. Hasil analisis menunjukkan total penilaian indikator instrumen ini menunjukkan koefesien Indeks Aiken 0.78, yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut berada dalam kategori valid secara isi. Namun, masih memerlukan adanya perbaikan pada beberapa item untuk meningkatkan akurasi dan keandalan instrumen tersebut. Penelitian ini berimplikasi pada penguatan proses pengembangan instrumen validasi dibidang pendidikan khusus, serta mendukung penggunaan alat bantu berbasis teknologi sebagai pendekatan preventif dalam penanganan perilaku tantrum anak GSA.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- An Nabil, N. R., Wulandari, I., Yamtinah, S., Ariani, S. R. D., & Ulfa, M. (2022). Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Konteks Sains Kimia. Paedagogia, 25(2), 184. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v25i2.64566
- Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner.
- Guarango, P. M. (2022). Pemanfaatan komunitas visual dalam komunkiasi pembangunan. JIP (Jurnal Inovasi Penelitian), 3(8.5.2017), 2003–2005.
- Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47
- Herisanti Keperawatan, W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tantrun pada Anak Autisme. In Medical Technology and Public Health Journal (MTPH Journal) | (Vol. 4, Issue 1).
- Iskandar, S., & Indaryani, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Melalui Terapi Bermain Assosiatif. JHeS (Journal of Health Studies), 4(2), 12–18. https://doi.org/10.31101/jhes.1048
- Kaweski, W. (2011). Teaching adolescents with autism: Practical strategies for the inclusive classroom. Corwin Press.
- Larasyifa, G., & Iswari, M. (2023). Efektivitas Differential Reinforcement of Alternative Behavior untuk Mengurangi Perilaku Tantrum (Menyakiti Diri Sendiri) pada Anak Down Syndrome. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28676–28680. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11559
- Maria, S. (2014). Pengaruh Terapi Musik Mozart Terhadap Penurunan Perilaku Tantrum Pada Anak Autisme Di Sekolah Autis Harapan Bunda Surabaya.
- Maulana, I. (2018). Perancangan Alat Pendeteksi Kualitas Air Minum Elektrolisis. J. Elektron. Pendidik. Tek. Elektron, 7(2), 65–87.
- Minropa, A., Khalida, R., & Wijaya, B. (2024). Hubungan Peran Orang Tua dalam Perawatan Anak Autis di Rumah dengan Kemajuan Kemampuan Bicara Anak Autis Kota Padang. 8(1), 23–30.
- Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59–75.
- Nuske, H. J., Finkel, E., Hedley, D., Parma, V., Pellecchia, M., Herrington, J., Marcus, S. C., David, S., Dissanayake, C., Finkel, E., Hedley, D., Parma, V., Pellecchia, M., Herrington, J., Marcus, S. C., Mandell, D. S., Nuskea, H. J., Finkelc, E., Hedleyd, D., … Mandella, D. S. (2019). Machine Translated by Google Peningkatan detak jantung memprediksi episode perilaku menantang pada anak-anak prasekolah dengan autisme Machine Translated by Google. 3890. https://doi.org/10.1080/10253890.2019.1572744
- Rahmahtrisilvia, Kartadinata, S., Sunardi, & Rochyadi, E. (2019). Profiles of Joint Attention Ability for Children with Autism Spectrum Disorders. 335(ICESSHum), 645–650. https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.102
- Rahmahtrisilvia, R. (2010). Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Perilaku Tantrum Pada Anak Autistik. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 1–10.
- Rahmahtrisilvia, R. (2015). Peningkatan kemampuan komunikasi pada anak autistik menggunakan dukungan visual. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 128–136.
- Rahmahtrisilvia, R., Setiawan, R., Sopandi, A. A., Fatmawati, F., Zulmiyetri, Z., Iswari, M., Marlina, M., & Safaruddin, S. (2022). Validasi buku referensi asesmen gaya belajar anak gangguan spektrum autism (GSA) pasca pengukuran Quantitative Electroencephalography (QEEG). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(4), 1281. https://doi.org/10.29210/020221191
- Rahmat, R., & Irfan, D. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(1), 48–53.
- Ramdhanie, G. G., Hendrawati, H., & Nuraeni, S. (2022). Gambaran Pengetahuan Orang Tua Dan Perilaku Temper Tantrum Pada Anak Penyandang Autisme. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 22(1), 37. https://doi.org/10.36465/jkbth.v22i1.897
- Rohmah, F. (2020). Pengembangan Modul Sintaksis Bermodel Discovery Learning untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(1), 111–120.
- Rumpa, L. D., & Panggalo, I. S. (2022). Analisis Fitur HRV pNN50 pada Sinyal Psikofisiologis Marah Manusia. Journal of Applied Informatics and Computing, 6(2), 177–179. https://doi.org/10.30871/jaic.v6i2.4617
- Sartika, M., Rosalina, E., & Aswarliansyah, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Journal of Elementary School (JOES), 6(2), 199–208. https://doi.org/10.31539/joes.v6i2.7281
- Schertz, H. H., & Odom, S. L. (2004). Joint attention and early intervention with autism: A conceptual framework and promising approaches. Journal of Early Intervention, 27(1), 42–54.
- Utami, L., Festiyed, Dian Purnama Ilahi, Arista Ratih, Elvi yenti, & Lazulva. (2024). Analisis Indeks Aiken Untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Scinetific Habbits of Mind. Journal of Research and Education Chemistry, 6(1), 59. https://doi.org/10.25299/jrec.2024.vol6(1).17430
- Yulia, R. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sand Magic Untuk Meningkatkan Ketahanan Duduk Pada Anak Gangguan Pektrum Autisme. 7(2), 97–102.
- Yuliarto, H. (2021). Analisis indeks aiken untuk mengukur validitas isi instrumen komitmen tugas bermain sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 19–23.
- Zhafirah, F. A. G., Rokhana, R., Sigit, R., & Dewantara, B. S. B. (2023). Fusi Algoritma K-Means dan CNN untuk Klasifikasi Emosi pada Anak. Techno.Com, 22(3), 622–634. https://doi.org/10.33633/tc.v22i3.8667