Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya kasus di SDN 22 Koto Lalang berupa ketidakmampuan membaca seorang anak kelas IV. Penambahan, pengurangan serta penggantian huruf pada kata dalam membaca khususnya kata dengan huruf kluster ng ialah permasalahan spesifiknya. Tujuan penelitian untuk meningkatkan membaca permulaan kata dalam membaca serta efektivitas penggunaan media pop up book pada kemampuan membaca permulaan.Pendekatan yang digunakan ialah eksperimen desain single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Anak kesulitan membaca ialah subjek penelitian ini. Target behaviour penelitian ini ialah kemampuan membaca permulaan pada kata yang terdapat huruf kluster ng dengan bentuk penilaian dalam bentuk persentase. Penelitian dilakukan dalam tiga kondisi yaitu baseline I, intervensi, dan baseline II. Baseline (A1) empat kali pengamatan. Dilanjutkan dengan intervensi (B) delapan kali. Kemudian baseline II (A2) dilakukan empat kali. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Data diperoleh lalu diolah menggunakan grafik guna menggambarkannya secara jelas. Konklusi penelitian menjabarkan bahwa media popup book mampu membuat kemampuan anak meningkat pada aspek membaca permulaan kata yang terdapat kluster ng. Terbukti rumusan masalah berupa penggunaan media popup book pada anak kesulitan membaca dengan permasalahan pada kata yang terdapat konsonan ganda ng dapat meningkat.

Article Details

How to Cite
Fitriani, A., & Damri, D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pop-Up Book Pada Anak Disleksia . Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 141–146. https://doi.org/10.24036/jpkk.v7i2.737

References

  1. Bluemel, N & Taylor, R. (2012). Pop Up Book A Guidance for Teacher and Librarians. California: Libraries Unlimited.
  2. Damri, D. (2019). Panduan Pembelajaran Inklusi di Sekolah Menengah Pertama. Malang: CV IRDH.
  3. Damri, D. (2021). Pengambangan Kurikulum dan Pembelajaran di Sekolah yang Beragam Peserta Didik. Depok: Rajawali Pers.
  4. Dzuanda, B. (2011). Perancangan Buku Cerita Anak Pop Up Tokoh-tokoh Wayang Berseri, Seri Gatotkaca. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  5. Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).
  6. Marlina, M. (2021). Single Subject Research Penelitian Subjek Tunggal. Depok: Rajawali Pers.
  7. Novembli, M. S., Marlina, M., & Martias, M. (2015). Layanan Proses Pembelajaran pada Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(1).
  8. Putri, Y., Fatmawati, F., & Damri, D. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Metode Global Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3).
  9. Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. In CRICED University of Tsukuba. University of Tsukuba.