Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas VII/B di SLB Perwari Padang. Dimana media pembelajaran yang diberikan guru dikelas belum mencapai hasil yang baik bagi hasil belajar anak khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang mengenal bagian tumbuhan. Guru masih menggunakan metode yang biasa tanpa ada media alternatif yang lain digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Selain itu, kurangnya ketertarikan anak terhadap metode yang diberikan oleh guru di kelas. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan di kaji dalam penelitian ini adalah, “Apakah penggunaan media Visual Schedule efektiv digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bagian tumbuhan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi anak dengan hambatan pendengaran di kelas VII/B SLB Perwari Padang?”       Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental design), dengan tujuan untuk mengungkapkan pengaruh dan sekaligus perbedaan antara dua variabel yang berbeda. Rancangan penelitian yang di gunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan pada anak dengan hambatan pendengaran kelas VII/B dengan jumlah siswa 4 orang. Untuk pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan statistik uji Mann Whitney dengan taraf signifikan 5%( =0,05). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hasil pretest yang diperoleh adalah 2,75 sedangkan hasil posttest yang diperoleh adalah 7, dari kedua hasil tersebut dapat diperoleh peningkatan skor setelah di berikan treatment adalah sebanyak 4,25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bagian tumbuhan yang di belajarkan dengan menggunakan media Visual Schedule memperoleh kenaikan yang signifikan. Dapat di simpulkan bahwa media Visual Schedule efektiv digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bagian tumbuhan pada anak dengan hambatan pendengaran.

Keywords

visual schedule pembelajaran IPA anak tunarungu

Article Details

How to Cite
Astuti, W., Armaini, A., & Damri, D. (2020). Penggunaan Visual Schedule dalam Pembelajaran IPA bagi Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/jpkk.v4i1.171

References

    Choirunnisa Nirahma. 2012. Metode dukungan Visual Pada Pembelajaran Anak dengan Autisme. Diperoleh dari: http://journal.unair.ac.id/filerPDF/110810233_ringkasan_choirunnisa.pdf

    Irnaningtyas. 2014. Biologi untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta : Erlangga

    Linda Hodgdon (2012). Visual Schedule. diperoleh dari: https://www.erinoakkids.ca/getattachment/Resources/Growing-Up/Autism/Visual-Supports/Visual-Schedules.pdf.aspx
    Nazir. (2009). Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia.

    Nizwardi, J, & Ambiyar. (2016). Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

    Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi ( Mixing Methode ). Bandung
    :Alfabeta

    Sumekar, Ganda. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press

Most read articles by the same author(s)