Main Article Content
Abstract
Blind children have very minimal English vocabulary, so a learning model is needed to improve the English vocabulary of the blind. The type of research is research development (R & D), which refers to the theory of Borg and Gall (1983). The subjects of the study were blind class VIII students in SLB A Payakumbuh. The research produced an English learning model based on Scrabbel Braille Game, and an effective Braille Scrabble game to improve the English vocabulary of the blind.
Keywords
model pembelajaran
bahasa inggris
scrabbel braille
Article Details
How to Cite
Irdamurni, I., Sumekar, G., & Nopitasari, M. (2018). Model Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Tunanetra Berbasis Permainan Scrabbel Braille. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 1(1). https://doi.org/10.24036/jpkk.v1i1.41
References
-
Adriana, Dian. 2011. Tumbuh kembang & terapi bermain pada anak. Jakarta: Salemba Medika
Auliana, Choirun Nisak. 2012. Pengaruh Permainan Dan Penguasaan KosakataTerhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun”. Jurnal Pedagogia (Nomor 2 tahun 2012). Hlm.138
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arryawan, Eko. 2012. Game Edukasi Terbaik Untuk Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo
Barmin. 2011. Permainan Bahasa Sarana Untuk Menciptakan pelajaran Menarikdan Menyenangkan. Jogyakarta: Pustaka Mataram
Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa Pengangan Bagi Pengajar Bahasa.
Jakarta: PT Indeks
Gunawan, Wahyu M. 2009. Bermain Itu Asyiik. Yogyakarta: Eimatera Publishing
Hadi, Purwaka. 2007. Komunikasi Aktif Bagi Tunanetra. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Helmi, R., d., & zaman, Saeful. 2009. 12 Permainan Untuk meningkatkanIntelgensi Anak. Jakarta: Visimedia
Iswari, Mega. 2008. Kecakapan Hidup Bagi AnakBerkebutuhan khusus. Padang: UNP Press
Laili, Nur Hijratul. 2011. Penerapan Permainan Scrabble UntukuntukMeningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Sukolilo No. 250 Kecamatan Bulak Surabaya.Laporan Penlitian. UNM
Marlina. 2009. Asesmen anak berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press
Nafi, Dian. 2012. Pantang Menyerah Mengasuh Asih Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Familia
Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Nurjatmika, Yusep. 2012. Ragam Aktivitas Harian Untuk Anak Tk. Yogyakarta: Full Color
Pohan, Rusdin. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Lanarka
Publisher
Pramono, Titin S. 2012. Permaian Asyik Bikin Anak Pintar. Yogyakarta: IN Azna Books
Rusmajadi, Jodih. 2010. Terampil Berbahasa Inggris Beberapa Tips MengajarBahasa Inggris. Jakarta: PT Indeks
Sandra, Avieana.2009. Teka-Teki Asah Otak Untuk Anak-Anak. Yogyakarta:
Xespresi
Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar Dan Latar Permainan Untuk Anak UsiaDini. Jakarta: Grasindo
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi danPraktiknya.Jakarta: Bumi Aksara
Sumekar, Ganda. 2009. Anak Berkebutuhan Khusus cara membantu mereka agarberhasil dalam pendidikan inklusif. Padang: Unp Press
Sunanto, juang. 2005. Mengembangkan Potensi Anak Berkelainan Penglihatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Suyanto, Kasihani, K.E. 2007. English For Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara
Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud
Tarsidi, Didi. 2009. Braille: Materi Pokok Mata Kuliah Braille. Edisi Kedua. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Widjaya, Ardhi. 2012. Seluk Beluk Tunanetra & Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Java Litera