Main Article Content

Abstract

Blind children have very minimal English vocabulary, so a learning model is needed to improve the English vocabulary of the blind. The type of research is research development (R & D), which refers to the theory of Borg and Gall (1983). The subjects of the study were blind class VIII students in SLB A Payakumbuh. The research produced an English learning model based on Scrabbel Braille Game, and an effective Braille Scrabble game to improve the English vocabulary of the blind.

Keywords

model pembelajaran bahasa inggris scrabbel braille

Article Details

How to Cite
Irdamurni, I., Sumekar, G., & Nopitasari, M. (2018). Model Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Tunanetra Berbasis Permainan Scrabbel Braille. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 1(1). https://doi.org/10.24036/jpkk.v1i1.41

References

    Adriana, Dian. 2011. Tumbuh kembang & terapi bermain pada anak. Jakarta: Salemba Medika
    Auliana, Choirun Nisak. 2012. Pengaruh Permainan Dan Penguasaan KosakataTerhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun”. Jurnal Pedagogia (Nomor 2 tahun 2012). Hlm.138
    Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
    Arikunto, Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
    Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
    Arryawan, Eko. 2012. Game Edukasi Terbaik Untuk Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo
    Barmin. 2011. Permainan Bahasa Sarana Untuk Menciptakan pelajaran Menarikdan Menyenangkan. Jogyakarta: Pustaka Mataram
    Djiwandono, Soenardi. 2011. Tes Bahasa Pengangan Bagi Pengajar Bahasa.
    Jakarta: PT Indeks
    Gunawan, Wahyu M. 2009. Bermain Itu Asyiik. Yogyakarta: Eimatera Publishing
    Hadi, Purwaka. 2007. Komunikasi Aktif Bagi Tunanetra. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
    Helmi, R., d., & zaman, Saeful. 2009. 12 Permainan Untuk meningkatkanIntelgensi Anak. Jakarta: Visimedia
    Iswari, Mega. 2008. Kecakapan Hidup Bagi AnakBerkebutuhan khusus. Padang: UNP Press
    Laili, Nur Hijratul. 2011. Penerapan Permainan Scrabble UntukuntukMeningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Sukolilo No. 250 Kecamatan Bulak Surabaya.Laporan Penlitian. UNM
    Marlina. 2009. Asesmen anak berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press
    Nafi, Dian. 2012. Pantang Menyerah Mengasuh Asih Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Familia
    Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
    Nurjatmika, Yusep. 2012. Ragam Aktivitas Harian Untuk Anak Tk. Yogyakarta: Full Color
    Pohan, Rusdin. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Lanarka
    Publisher
    Pramono, Titin S. 2012. Permaian Asyik Bikin Anak Pintar. Yogyakarta: IN Azna Books
    Rusmajadi, Jodih. 2010. Terampil Berbahasa Inggris Beberapa Tips MengajarBahasa Inggris. Jakarta: PT Indeks

    Sandra, Avieana.2009. Teka-Teki Asah Otak Untuk Anak-Anak. Yogyakarta:
    Xespresi
    Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar Dan Latar Permainan Untuk Anak UsiaDini. Jakarta: Grasindo
    Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
    Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
    Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi danPraktiknya.Jakarta: Bumi Aksara
    Sumekar, Ganda. 2009. Anak Berkebutuhan Khusus cara membantu mereka agarberhasil dalam pendidikan inklusif. Padang: Unp Press
    Sunanto, juang. 2005. Mengembangkan Potensi Anak Berkelainan Penglihatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
    Suyanto, Kasihani, K.E. 2007. English For Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara
    Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud
    Tarsidi, Didi. 2009. Braille: Materi Pokok Mata Kuliah Braille. Edisi Kedua. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
    Widjaya, Ardhi. 2012. Seluk Beluk Tunanetra & Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Java Litera

Most read articles by the same author(s)