Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan anak tunagrahita ringan yang belum mengenal huruf hijaiyah yang peneliti temukan di SLB Salsabila Indah Padang. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam mengenal huruf hijaiyah melalui model pembelajaran quantum teaching. Jenis penelitian ini eksperimen dalam bentuk subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain penelitian A1-B-A2, data diukur mengunakan frekuensi untuk melihat berapa banyak anak dapat menjawab tes tentang mengenal huruf hijaiyah yang diberikan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah bagi anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Salsabilla Indah Padang sesuai dengan hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi.
Keywords
Article Details
References
-
A’la, Miftakhul. 2010. Quantum Teaching. Yogyakarta: D IV A Press.
Akbar, M. S., & Pramukantoro, J. A. (2014). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Motivasi Siswa pada Standar Kompetensi Dasar-Dasar Elektronika di SMK Nu Sunan Drajat Paciran Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1).
DePorter, Bobbi. (2003). Quantum Teaching: Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Nursulawati, Sari. (2014). Efektivitas Pendekatan Quantum Teaching dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengurangan bagi Anak Tunarungu Kelas II/B Wacana Asih Padang. E-Journal. unp. ac. id. (Vol 3 No 2).
Putri, Nadya. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Music Daerah pada Pembelajaran IPS bagi Anak Tunagrahita Ringan. E-Journal. unp. ac. id (Vol 1 No2).
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada: Media Group.
Uno, Hamzah B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.