Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, ada anak tunanetra yang mengalami masalah dalam kemampuan penggunaan microsoft word yang meliputi kegiatan membuat, mengatur dan menyimpan dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk eksperimen semu dengan desain pretest posttest group design dengan menggunakan uji Mann Whitney. Subjek penelitian ini adalah anak tunanetra yang permasalahan yang hampir sama dalam penggunaan microsoft word. Penelitian dilakukan di PSBN Tuah Sakato Padang.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program NVDA efektif dalam meningkatkan kemampuan penggunaan microsoft word bagi anak tunanetra di PSBN Tuah Sakato, dimana hasil dari pengolahan data dengan menggunakan rumus uji Mann Whitney diperoleh = 4 selanjutnya disesuaikan dengan pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dimana n = 5 yaitu 2. Berdasarkan pengujian hipotesis Ha diterima jika > dengan demikian dapat Ho ditolak Ha diterima.
Article Details
References
-
Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Bandung: PT Asdi Mahasatya
E Kosasih. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya
Marlina. (2009). Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press
Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Safaruddin, Efrina, E., & Yunus, M. (2013). Pengaruh Program Jaws Terhadap Kemampuan Mengetik Pada Tunanetra Di Psbn Tuah Sakato Padang. Jurnal Pendidikan Khusus, 2(3), 408–418.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sumekar, Ganda. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus: Cara Membantu Mereka Agar Berhasil Dalam Pendidikan Inklusi. Padang: UNP Press
Sugiyono. (2012). Panduan Singkat Belajar Microsoft Windows 7 Untuk Tunanetra Dengan Menggunakan NVDA (Non Visual Desktop Access). Jakarta: Yayasan Mitra Netra
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.