Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari anak berkesulitan belajar kelas III yang memiliki permasalahan pada keterampilan menulis dalam aspek keterbacaan huruf dengan kriteria huruf yang ditulis tidak sesuai dengan lambang dan huruf pada tulisan sulit untuk dibaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan media grafis efektif dalam membantu meningkatkan kemampuan menulis pada anak berkesulitan belajar di SDN 05 Kapalo Koto Padang. Jenis penelitian ini merupakan Single Subject Research menggunakan disain Multiple Baseline Cross Subjects. Data dianalisis dengan analisis visual grafik. Subyek penelitian ini 2 orang anak berkesulitan belajar kelas III di SDN 05 Kapalo Koto. Hasil analisis visual grafiknya menunjukkan kesulitan menulis pada anak berkesulitan belajar dapat dibantu menggunakan media grafis. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru untuk menemukan media lain yang dapat membantu kesulitan peserta didiknya dan dapat menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya. 

Keywords

Berkesulitan belajar, kemampuan menulis, media grafis.

Article Details

How to Cite
Putri, S., Sopandi, A. A., & Armaini, A. (2018). Kemampuan Menulis pada Anak Berkesulitan Belajar Melalui Media Grafis. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 46–49. https://doi.org/10.24036/jpkk/vol2-iss1/134

References

    Achrony, Keen. (2013). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Disgrafia. Yogyakarta: Familia.
    Alfiani, Kenia., Setyo Budi, H., Suyanto, Imam. (2015). Penggunaan Model Cooperative Script Dengan Media Grafis Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV SDN Kaliharjo. Jurnal penelitian. (No 2.1). Hlm. 187-193
    Irdamurni, Kasiyati, Zulmiyetri, J. T. (2018). The Effect of Mingle Model to Improve Reading Skills for Students with Dyslexia in Primary School. Journal of ICSAR, 2(2), 167.
    Maulana, Syafrina., Sumekar, Ganda., Iswari, Mega. (2013). Efektifitas Metode VAKT Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. (No 3). Hlm. 222-233.
    Putra, Angga Dwi Cahya. (2013). Penggunaan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal penelitian (Nomor 2). Hlm. 1-8.
    Sunanto, Juang. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. CRICED. University of Tsukuba.
    Taufan, J., & Mazhud, F. (2016). Kebijakan-kebijakan Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Sekolah X Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1).
    Taufik, Indra Nugraha. (2014). Kajian Kesulitan Belajar Menulis Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Cihalimun kec. Kertasari Kab. Bandung. Jurnal Pendidikan. Hlm. 35-43.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>