Main Article Content
Abstract
Penelitian ini didasari dari kurangnya ketersedian lapangan pekerjaan bagi anak dengan hambatan pendengaran. Sementara pemerintah yang tertuang undang-undang sudah berupaya penuh untuk memfasilitasi dalam pengembangan penyandang disabilitas pada umumnya dan anak dengan hambatan pendengaran khususnya. Selain itu kurikulum juga sudah mendukung untuk terlaksananya pembelajaran yang berbasis soft skill dalam bentuk keterampilan vokasional sehingga pengkajian mengenai model untuk pembelajaran dirasa perlu terus dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan model pembelajaran keterampilan membuat ikan bakar yang dilakukan di sekolah sehingga nanti akan menemukan acuan untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai kebutuhan anak. Mengingat bahwasanya model merupakan seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran. Sehingga target pembelajaran dapat terlaksana dan tertata dengan jelas. Penelitian ini berangkat dari paradigma post-positivistik dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan dan metode ini dipilih dengan mempertimbangkan bahwa pendekatan dan metode ini lebih membuka peluang untuk mendapatkan informasi yang mendalam tentang proses dan dapat mengembangkan sebuah model pembelajaran.
Keywords
Article Details
References
-
Aji Permana, Septian. (2017). Strategi Pembelajaran IPS Kontenporer. Yogyakarta: Media Akademi
Daryanto, dkk. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Eko Agustinova, Danu. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitaif. Yogyakarta: Calpulis
Iswari, Mega. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press
Rusma. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KENCANA
Rivai & Murni. (2012). Education Management. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Soemardji. (1991). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud Dikti
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sumekar, Ganda. (2009). AnakBerkebutuhanKhusus. Padang: UNP Press
Tisnawati, ernie, dkk. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: KENCANA
Tjiptono, Fandi, dkk. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Tri Priyanti, Endah, dkk. (2017). Pembelajarn Reflektif : Model Pembelajaran Reflektif yang Responsif Teknologi. Tanggerang: Tira Smart
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group