Main Article Content

Abstract

Mahasiswa disabilitasi sering menghadapi berbagai hambatan dalam memasuki dunia kerja, baik dari segi aksesibilitas informasi, pengembangan keterampilan, maupun adaptasi di lingkungan kerja. Bimbingan karir yang menekankan pada internalisasi work value diyakini dapat meningkatkan kesiapan kerja mereka. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif desktriptif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 500 mahasiswa. Sampel ini sebanyak 64 mahasiswa di  perguruan tinggi Sumatera Barat yang dipilih dengan mengunakan metode clauster random sampling. Instrumen  yang digunakan adalah work value, bimbingan karir dan kesiapan kerja mahasiswa disabilitas yang dikembangkan sendiri. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi work value dalam bimbingan karir terhadap kesiapan kerja mahasiswa disabilitasi di perguruan tinggi sumatera barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara bimbingan karir berbasis work value dengan kesiapan kerja mahasiswa disabilitas. Bimbingan karir yang efektif tidak hanya memberikan informasi karir yang relevan, tetapi juga membantu mahasiswa mengembangkan nilai-nilai kerja seperti tanggung jawab, ketekunan, dan adaptabilitas, yang penting dalam menghadapi tantangan di dunia kerja. Penelitian ini juga menemukan bahwa mahasiswa disabilitasi yang mendapatkan bimbingan karir dengan penekanan pada work value menunjukkan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dan kemampuan yang lebih baik dalam menavigasi tantangan di lingkungan kerja.

Keywords

Work Value Bimbingan Karir Kesiapan Kerja

Article Details

How to Cite
Iswari, M., Nurhastuti, N., Zulmiyetri, Z., Mustika, H., & Ajeng, R. (2024). Kontribusi Work Value Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Disabilitasi di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 8(2), 93–99. https://doi.org/10.24036/jpkk.v8i2.988

References

  1. AAfdal, M.Suya, S. U. (2014). Jurnal Konseling dan Pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(3), 1–7.
  2. Afdal, A. (2019). Kompetensi Bimbingan Karir Kolaboratif Konselor SMA Negeri di Kota Payakumbuh Sumatera Barat. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 100. https://doi.org/10.29210/0288jpgi0005
  3. Afdal, A., Iswari, M., Alizamar, A., Ifdil, I., Syahputra, Y., & Nurhastuti, N. (2019). Career planning differences between male and female deaf students. Specialusis Ugdymas, 1(39), 99–108. https://doi.org/10.21277/se.v1i39.409
  4. Ashari, N. P. (2018). Kesiapan kerja siswa ditinjau dari keterampilan komunikasi dan bimbingan karir pada siswa kelas XII akuntansi di SMK Negeri 6 Sukoharjo. 1–79. http://eprints.ums.ac.id/69475/
  5. Caballero, C. L. (2010). Work readiness in graduate recruitment and selection : a review of current assessment methods,. Ournal of Teaching and Learning for Graduate Work Readiness in Graduate Recruitment and Selection, 01(01), 13–25. http://hdl.handle.net/10536/DRO/DU:30030444
  6. Caballero, C. L., Walker, A., & Fuller-Tyszkiewicz, M. (2011). The Work Readiness Scale (WRS): Developing a measure to assess work readiness in college graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.21153/jtlge2011vol2no1art552
  7. Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332
  8. Fadli, R. P., Alizamar, A., & Afdal, A. (2017). Persepsi Siswa tentang Kesesuaian Perencanaan Arah Karir Berdasarkan Pilihan Keahlian Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Konselor, 6(2), 74. https://doi.org/10.24036/02017627578-0-00
  9. Hartono & Soedarmadji. (2013). Psikologi Konseling. Kencana perdana media grup.
  10. Iswari, M. (2017). Efektivitas Penyelenggaraan Konseling dengan Memahami Komunikasi antar Budaya. Konselor, 6(1), 13. https://doi.org/10.24036/02017617387-0-00
  11. Iswari, M., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Ardisal, A. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 156–162. https://doi.org/10.29210/119700
  12. Karwanto, Akib, Hanifah, N., Martiningsih, D., Lestari, A., Darlin, Romadhon, S., Arpa, D., & Jelahut, M. S. (2023). Optimalisasi pemanfaatan Teknologi Pembelajaran.
  13. Kemenkes, R. I. (2014). Infodatin pusat data dan informasi kementerian kesehatan RI. Kemenkes Ri, 1–8.
  14. Lee, Y., Kim, Y., Im, S., Lee, E., & Yang, E. (2022). Longitudinal Associations Between Vocational Identity Process and Career Goals. Journal of Career Development, 49(3), 569–584. https://doi.org/10.1177/0894845320955237
  15. Lubis, M. A., Manalu, D., Andreani, R., Gita, R. R., & Ariyati, I. (2023). Ghaidan Tantangan Konselor dalam Mengoptimalkan Kinerja Penyandang. 49(2), 265–271. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ghaidan/article/view/17060
  16. Maris, A. W. I., & Rahmi, I. (2022). Strategi lembaga pendidikan tinggi inklusif dalam meningkatkan kemampuan kerja mahasiswa difabel : Praktik baik di Indonesia. Seminar Nasional Inovasi Vokasi, 1(1), 106–115. http://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/sniv/article/view/4544%0Ahttps://prosiding-old.pnj.ac.id/index.php/sniv/article/download/4544/2475
  17. Mustika, H., Karneli, Y., & Hariko, R. (2023). Counselor Readiness and Diagnosis in The Psychhotherapy Counseling Process in Education. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 483–489. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i2.20065
  18. Nurfarhanah. (2017). Membangun Karakter dengan Terapi Positif. Pada Kegiatan Seminar Konseling & Talkshow Nasional Di Padang, 22 April 2017, 08(00), 1–5.
  19. Perilaku, J. I. (2022). Pengaruh Career Adaptability terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa pada Masa Pandemi. 6(x), 22–38.
  20. Primana, L., & Permadi, A. K. (2018). Nilai Kerja (Work Values) dan Adaptabilitas Karier Peserta Didik Kelas IX di Depok, Jawa Barat. Journal Psikogenesis, 6(2), 121–129. https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.694
  21. Putri, F. A., Fachmi, N., Setyawan, B., & Efendy, M. (2024). Hubungan Career Adaptability Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Mercubuana Yogyakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2021), 4955–4966. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/8433/5751
  22. Ramadani, D., Fachrurrazi, M., & Hidayat, D. R. (2020). Adaptabilitas Karir Dalam Perspektif Teori Perkembangan Karir Mark L. Savickas. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 24–31. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27362
  23. Rasyidi, A., Muliadi, M., Hadi, M., & Alawiya, R. (2023). Article History Received: 7 May 2023 Approved: 22 May 2023. STUDENTS’ PERCEPTION OF USING SCAVENGER HUNT GAME IN UNDERSTANDING SOCIAL CONTEXT OF SECOND LANGUAGE ACQUISITION, 4(2), 163–177.
  24. Sandowil, O., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Bimbingan Karir dan Pendidikan Karir dalam Trait and Factor. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 3005–3013. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1333
  25. Sari, A. K., Yusuf, A. M., Iswari, M., & Afdal, A. (2021). Analisis Teori Karir Krumboltz: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 116–121. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.33429
  26. Siregar, G., Iswari, M., & Efendi, J. (2019). Pemberdayaan Tunagrahita Ringan Sebagai Tenaga Kerja Penjaga Kantin. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, III(1), 43–46.
  27. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  28. Syamal, F., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Perspektif Teori Trait and Factor serta Penerapannya dalam Bimbingan dan Konseling Karir Universitas Negeri Padang 123. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 46(2), 46–52. https://doi.org/10.23916/08877011
  29. Tunçelİ, H. İ., & Zembat, R. (2017). Erken Çocukluk Döneminde Gelişimin Değerlendirilmesi ve Önemi 1 The Importance and Assessment of Early Childhood Development. 3, 1–12.
  30. Wahdini, & Iswari, M. (2020). Persepsi Karyawan terhadap Karyawan Disabilitas di Transmart Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 8(1), 13–18. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/108462
  31. Wijayanti, A. (2020). Penerapan Simulasi Evakuasi Kebakaran di Sekolah Luar Biasa. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 4(Special 1), 295–305.
  32. Ye, L. (2015). Work values and career adaptability of chinese university students. Social Behavior and Personality, 43(3), 411–422. https://doi.org/10.2224/sbp.2015.43.3.411
  33. Zakiah, K., Lestari, V. P., & Putra, H. D. (2015). Akuntabilitas Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (Pkh) Komponen Kesejahteraan Sosial (Lanjut Usia Dan Disabilitas Berat) Di Indonesia. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
  34. Zulfa, M. Y., & Sukmurdianto, S. (2020). Bimbingan Dan Konseling Karir Di Perguruan Tinggi. Mau’izhah, 10(1), 219. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i1.52

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2