Main Article Content

Abstract

Mahasiswa disabilitasi sering menghadapi berbagai hambatan dalam memasuki dunia kerja, baik dari segi aksesibilitas informasi, pengembangan keterampilan, maupun adaptasi di lingkungan kerja. Bimbingan karir yang menekankan pada internalisasi work value diyakini dapat meningkatkan kesiapan kerja mereka. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif desktriptif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 500 mahasiswa. Sampel ini sebanyak 64 mahasiswa di  perguruan tinggi Sumatera Barat yang dipilih dengan mengunakan metode clauster random sampling. Instrumen  yang digunakan adalah work value, bimbingan karir dan kesiapan kerja mahasiswa disabilitas yang dikembangkan sendiri. Data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi work value dalam bimbingan karir terhadap kesiapan kerja mahasiswa disabilitasi di perguruan tinggi sumatera barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara bimbingan karir berbasis work value dengan kesiapan kerja mahasiswa disabilitas. Bimbingan karir yang efektif tidak hanya memberikan informasi karir yang relevan, tetapi juga membantu mahasiswa mengembangkan nilai-nilai kerja seperti tanggung jawab, ketekunan, dan adaptabilitas, yang penting dalam menghadapi tantangan di dunia kerja. Penelitian ini juga menemukan bahwa mahasiswa disabilitasi yang mendapatkan bimbingan karir dengan penekanan pada work value menunjukkan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dan kemampuan yang lebih baik dalam menavigasi tantangan di lingkungan kerja.

Keywords

Work Value Bimbingan Karir Kesiapan Kerja

Article Details

How to Cite
Iswari, M., Nurhastuti, N., Zulmiyetri, Z., Mustika, H., & Ajeng, R. (2024). Kontribusi Work Value Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Disabilitasi di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 8(2), 93–99. https://doi.org/10.24036/jpkk.v8i2.988

References

Read More

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2