Main Article Content
Abstract
Berdasarkan permasalahan yang ditemui dikleas IX/C di SLB Luki Padang. Peneliti melihat anak tidak merasa asing dengan proses pembelajaran keterampilan dengan media polibag. . Penelitian ini bertujuan untuk membutikan efektifitas metode proyek dalam keterampilan menanam sawi hidroponik wick system. Penelitian ini mengunakan metode eksperimen dalam bentuk pre-experimental design dengan jenis one group pretest-postest design dengan sampel lima orang siswa anak tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Alat pengumpulan data mengunakan instrumen tes perbuatan, diuji mengunakan uji U Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pencapaian siswa tunagrahita ringan saat pretest dengan skor rata-rata 52 dan saat postest meningkat dengan skor rata-rata 77,8. Selanjutnya data diolah mengunakan uji U Mann Whitney. Diperoleh Uhit 5 dan Utab 4 dengan N 5 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Sehingga hipotesis diterima karena Uhit > Utab. Dapat disimpulkan bahwa metode proyek efektif dalam meningkakan keterampilan menanam sawi hidroponik wick sytem.
Keywords
Article Details
References
-
Arikunto Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta:
Av Piblisher
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta,cv.
Ganda Sumekar (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP press
Istiqomah Siti (2007). Menanam Hidroponik. Jakarta: Azka Mulia Media