Main Article Content

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemui dikleas IX/C di SLB Luki Padang. Peneliti melihat anak tidak merasa asing dengan proses pembelajaran keterampilan dengan media polibag. . Penelitian ini bertujuan untuk membutikan efektifitas metode proyek dalam keterampilan menanam sawi hidroponik wick system. Penelitian ini mengunakan metode eksperimen dalam bentuk pre-experimental design dengan jenis one group pretest-postest design dengan sampel lima orang siswa anak tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Alat pengumpulan data mengunakan instrumen tes perbuatan, diuji mengunakan uji U Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pencapaian siswa tunagrahita ringan saat pretest dengan skor rata-rata 52 dan saat postest meningkat dengan skor rata-rata 77,8. Selanjutnya data diolah mengunakan uji U Mann Whitney. Diperoleh Uhit 5 dan Utab 4 dengan N 5 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Sehingga hipotesis diterima karena Uhit > Utab. Dapat disimpulkan bahwa metode proyek efektif dalam meningkakan keterampilan menanam sawi hidroponik wick sytem.

Keywords

metode proyek, keterampilan menanam sawi hipdroponik, wick system, anak tunagrahita ringan

Article Details

How to Cite
Triwijayanti, V., Fatmawati, F., & Zulmiyetri, Z. (2019). Efektivitas Metode Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Menanam Sawi Hidroponik Wick System bagi Anak Tunagrahita Ringan Di Kls IX Slb Luki Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(1), 37–42. Retrieved from https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/161

References

    Arikunto Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik.
    Jakarta: PT Rineka Cipta.
    Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta:
    Av Piblisher
    Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta,cv.
    Ganda Sumekar (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP press
    Istiqomah Siti (2007). Menanam Hidroponik. Jakarta: Azka Mulia Media

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>