Main Article Content

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam bidang keterampilan tata boga di SLB Perwari Padang yaitu kurangnya variasi dalam membuat olahan berbagai makanan dan minuman, metode yang digunakan guru kurang bervariasi. Tujuan penelitian untuk membuktikan bahwa model pembelajaran direct instruction efektif dalam meningkatkan keterampilan tata boga membuat cokelat aneka bentuk pada anak tunarungu terutama kelas V di SLB Perwari Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain pre-eksperimental dengan dua kali observasi yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Data dikumpulkan dengan tes melalui kisi-kisi instrumen yang diuji menggunakan uji mann withney. Subjek penelitian yaitu empat orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses pembelajaran keterampilan tata boga membuat cokelat aneka bentuk dilakukan menggunakan model pembelajaran direct instruction. 2) hasil keterampilan tata boga membuat cokelat aneka bentuk anak tunarungu kelas V meningkat melalui model pembelajaran direct instruction. Maka disimpulkan model pembelajaran direct instruction efektif dalam meningkatkan keterampilan tata boga anak tunarungu kelas V di SLB Perwari Padang.

Keywords

model pembelajaran direct instruction, keterampilan tata boga, tunarungu

Article Details

How to Cite
Utari, F. R., Marlina, M., & Kasiyati, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Keterampilan Tata Boga Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 4(1), 21–26. https://doi.org/10.24036/jpkk.v4i1.108

References

    Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

    Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

    Budi, S. S., & Widyana, R. Korelasi Antara Kreativitas Belajar, Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Keterampilan Elektronika Di Man I Wates Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012. INSIGHT Volume 10, Nomor 1, Februari 2012

    Hartaty, Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Tata Boga Materi Pembuatan Brownis Pisang Melalui Model Pembelajaran Eksplicit Instruction. Iqra': Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 163-180Ishartiwi. (2010). Pembelajaran Keterampilan Untuk Pemberdayaan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus. FIP UNY.

    Ishartiwi, D. M. P. Pembelajaran Keterampilan Untuk Pemberdayaan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus. UNY.

    Mahardika, I. G. N. A. W. (2017). Teaching Hinduism For The Blinds: A Study On Hinduism Teaching And Learning In SLB A Negeri Denpasar. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 1(1), 70-76.

    Marlina, M. (2014). Keterampilan Sosial Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Inklusif. Penelitian Pendidikan, 5(1).

    Moh, Nazir. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

    Rosilawati, I. (2013). Aneka Kreasi dan Tips Dunia Boga. Jakarta: Rama Edukasitama.

    Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta