Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain media belajar berbentuk podcast pada aplikasi android bagi mahasiswa tunanetra. Hal ini dilakukan untuk membantu mahasiswa tunanetra memahami materi dengan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristiknya. Penelitian ini mempertimbangkan pengalaman mahasiswa tunanetra dalam melaksanakan pembelajaran online di Pendidikan tinggi dan kebutuhannya akan media pembelajaran berbentuk podcast ini. Hasil dari pengumpulan data tersebut akan digunakan sebagai rekomendasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa tunanetra dalam pembelajaran online di perguruan tinggi. Penelitian ini menegaskan bahwa fitur yang harus ada dalam media pembelajaran tersebut harus menjawab kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa tunanetra dalam pembelajaran online di perguruan tinggi.

Keywords

Aplikasi Inklusif Tunanetra

Article Details

How to Cite
Kusumastuti, G., & Prabawati, W. (2022). Desain Aplikasi Podclusive sebagai Inovasi Pembelajaran bagi Mahasiswa Tunanetra di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 28–33. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i1.619

References

    Afrianty. (2020). Panduan Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa dengan Disabiltas Netra. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
    Hermanto, H., & Supena, A. (2020). Implementassi Pembelajaran Daring Bagi Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 188–194. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.635
    Jannah, R. N., Wulandari, N. L., & Budi, S. (2020). Pengalaman Belajar Daring Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Pandemi Covid-19 Di Sd Inklusif. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 359. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8040
    Khaeroh, I., Advelia, F., Rosyid, A., & Supena, A. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Dengan Hambatan Penglihatan (Low Vision) Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(1), 11. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p11-21
    Kirk, S. A., Gallagher, J. J., Anastasiow, N. J., & Coleman, M. R. (n.d.). Educating exceptional children (11th ed.). Houghton Mifflin.
    Kusumastuti, G., & Supendra, D. (2021). The Potential of Podcast as Online Learning Media for Supporting Visual Impairment Students to Introduction to Education Course in Universitas Negeri Padang. Journal of Physics: Conference Series, 1940(1), 012129. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012129
    Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
    Susanti, M., & Zulvianti, N. (2018). Pelayanan Pendidikan Inklusif Bagi Tunanetra (Studi Kasus di IAIN Imam Bonjol Padang ). Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 39–53. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi8udXCz_noAhXbzjgGHcn4AikQFjACegQIARAB&url=https%3A%2F%2Fejournal.uinib.ac.id%2Fjurnal%2Findex.php%2Falirsyad%2Farticle%2Fdownload%2F124%2F85&usg=AOvVaw1qkd7Mo7Ak4qg

Most read articles by the same author(s)