Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain media belajar berbentuk podcast pada aplikasi android bagi mahasiswa tunanetra. Hal ini dilakukan untuk membantu mahasiswa tunanetra memahami materi dengan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristiknya. Penelitian ini mempertimbangkan pengalaman mahasiswa tunanetra dalam melaksanakan pembelajaran online di Pendidikan tinggi dan kebutuhannya akan media pembelajaran berbentuk podcast ini. Hasil dari pengumpulan data tersebut akan digunakan sebagai rekomendasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa tunanetra dalam pembelajaran online di perguruan tinggi. Penelitian ini menegaskan bahwa fitur yang harus ada dalam media pembelajaran tersebut harus menjawab kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa tunanetra dalam pembelajaran online di perguruan tinggi.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
-
Afrianty. (2020). Panduan Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa dengan Disabiltas Netra. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Hermanto, H., & Supena, A. (2020). Implementassi Pembelajaran Daring Bagi Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 188–194. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.635
Jannah, R. N., Wulandari, N. L., & Budi, S. (2020). Pengalaman Belajar Daring Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Pandemi Covid-19 Di Sd Inklusif. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 359. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8040
Khaeroh, I., Advelia, F., Rosyid, A., & Supena, A. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Dengan Hambatan Penglihatan (Low Vision) Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(1), 11. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p11-21
Kirk, S. A., Gallagher, J. J., Anastasiow, N. J., & Coleman, M. R. (n.d.). Educating exceptional children (11th ed.). Houghton Mifflin.
Kusumastuti, G., & Supendra, D. (2021). The Potential of Podcast as Online Learning Media for Supporting Visual Impairment Students to Introduction to Education Course in Universitas Negeri Padang. Journal of Physics: Conference Series, 1940(1), 012129. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012129
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Susanti, M., & Zulvianti, N. (2018). Pelayanan Pendidikan Inklusif Bagi Tunanetra (Studi Kasus di IAIN Imam Bonjol Padang ). Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 39–53. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi8udXCz_noAhXbzjgGHcn4AikQFjACegQIARAB&url=https%3A%2F%2Fejournal.uinib.ac.id%2Fjurnal%2Findex.php%2Falirsyad%2Farticle%2Fdownload%2F124%2F85&usg=AOvVaw1qkd7Mo7Ak4qg