Main Article Content

Abstract

Penelitian mengenai penerapan teknik aversi pada siswa autisme yang berperilaku stereotype yang suka menjilat tangannya. Metoda yang digunakan eksperimen single subject research (SSR), dengan desain A-B-A. Data dianalisis  menggunakan visual grafik mulai dari melakukan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Target behavior diperoleh hasil penghentian prilaku menjilat tangannya. Dari tindakan dan usaha yang dilakukan selama lima kali pertemuan terutama pada kondisi baseline (A1) ternyata prilaku tersebut dominan dilakukannya 80%. Selanjutnya setelah dilakukan intervensi (B) selama sepuluh kali pertemuan dengan menggunakan teknik aversi/ prompting terletak pada rentang 10%. Dan pada kondisi baseline (A2) lima kali pertemuan tanpa diberikan perlakuan, hasil persentase terletak pada 20%. Kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, kecenderungan jejak data, dan perubahan level menurun secara positif, serta persentase overlap pada analisis antar kondisi. Semakin kecil persentase overlap, semakin kuat pengaruh intervensi terhadap perubahan perilaku

Keywords

Autisme Strereotype Teknik Aversi

Article Details

How to Cite
Damri, D., Taufan, J., Irdamurni, I., Zulmiyetri, Z., & Afrianti, N. (2018). Mengurangi Perilaku Stereotype Menjilat Tangan pada Siswa Autis Melalui Teknik Aversi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 10–14. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.312

References

    Abnar, Jessica. 2016. Mengurangi Perilaku Stimulasi Diri Anak Autisma Kelas VI melalui Bermain Alat Music Piano. (Skripsi tidak diterbitkan). Padang: PLB FIP UNP.
    Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
    Aswandi, Yosfan. 2005. Mengenal dan Membantu Penyandang Autis. Jakarta: Dikti.
    Craig H. Kennedy. 2000. Analyzing the Multiple Functions of Stereotypical Behavior for Students with Autism: Implications For Assessment and Treatmean. Jurnal Internasiona (Vol 4 Tahun 33). Hal 559-571.
    Elvi. 2005. Meminimalisasikan Perilaku Berlebihan pada Anak Autisme Melalui Gerak dan Irama. (Skripsi tidak diterbitkan). Padang: PLB FIP UNP.
    Kosasih. 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama
    Widya.Hadi, Purwaka. 2005. Modifikasi Perilaku. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
    Handojo. 2009. Autisme Pada Anak. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.
    Ersiana. 2013. http: // eprints. ums. ac. id/ 26230/ 15/ NASKAH_ PUBLIKASI. pdf. Minggu 15 Maret Jam 11.30 WIB.
    Marlina. 2009. Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press
    Matsuzaki, Iwata, Manabe, And Mori. 2012. Triggers For Autism: Genetic and Environmental Factors. Jurnal Internasional (Vol 4). Hal 27-36.
    Perko dan McLaughlin. 2002. Autism: Charateristics, Causes and Educational Interventions. Jurnal Internasional (Vol 17). Hal 2.
    Priyatna, Andri. 2010. Amazing Autisme. Jakarta: Kelompok Gramedia.
    Priyatna, Andri. 2010. Parenting Untuk Orang Tua Sibuk. Jakarta: Kelmpok Gramedia.
    Purwanto, Edi. 2005. Modifikasi Perilaku. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi
    Sukinah. 2005. Penatalaksanaan Perilaku Anak Autisme dengan Metode Applied Behavioral Analysisi. Jurnal Nasional (Vol 1 No 2). Hal 121-136.
    Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya.
    Sumekar, Ganda. 2009. Anak Berkebutuhan Khusus Cara Membantu Anak Agar Berhasil Dalam Pendidikan Inklusi. Padang: UNP Press.
    Sunanto, Juang. 2005. Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: UNP Press
    Sunaryo & Sunardi. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.
    Suryabrata, Juang 2005. Metodologi Pendidikan dengan Subjek Tunggal. Otsuka Universitas Terbuka.
    Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
    Sunardi dan Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
    Yuwono, Joko. 2012. Memahami Anak Autistik (Kajian Teori dan Emprik). Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>