Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil dari survey pemahaman dosen terhadap kebutuhan pembelajaran mahasiswa berkebutuhan khusus dari tiga prodi yang mengajar dilingkungan FKIP ULM apakah dosen tersebut memahami kebutuhan pembelajaran untuk mahasiswa berkebutuhan atau tidak memahami betul bagaimana dan seperti apa pembelajaran yang sesuai. Adapun yang menjadi latar belakang dalam melakukan penelitian ini yaitu dimana sekarang ini kampus ULM menjadi kampus inklusi sehingga menerima mahasiswa berkebutuhan khusus dalam penerimaan tersebut salah satu indikator dalam kebutuhan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang dimana subjek nya itu adalah dosen yang ada di FKIP.
Keywords
indikator pembelajaran
Article Details
How to Cite
Riani, E., & Yuwono, I. (2021). Survey Pemahaman Dosen Terhadap Kebutuhan Pembelajaran Mahasiswa Berkebutuhan Khusus dI Tiga Program Studi FKIP ULM Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 12–18. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.558
References
-
Andayani, Endah. 2010. “Pengaruh Profesionalitas Dosen Dalam Perkuliahan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Atas Layanan Akademik Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-Universitas Kanjuruhan Malang.” Jurnal Inspirasi Pendidikan.
Anggraini Susi Irmalia. 2001. “MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH: SEBUAH KAJIAN PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN MAHASISWA Irmalia Susi Anggraini *.” Jurnal Mahasiswa.
Cahyono, Ari. 2012. “Analisa Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Dan Karyawan Di Universitas Pawyatan Daha Kediri.” Jurnal Ilmu Manajemen Revitalisasi.
Fathurrohman. 2015. “MODEL- MODEL PEMBELAJARAN.” VDI Berichte.
Feriani, Erin. 2017. “Interaksi Sosial Dosen Dengan Mahasiswa Difabel Di Perguruan Tinggi Inklusif.” INKLUSI.
Fikri, Abdullah. 2014. “Partisipasi Politik Masyarakat Difabel Dalam Pembentukan Kebijakan Pendidikan Tinggi Inklusif.” INKLUSI.
Goyena, Rodrigo. 2019. “Anak Berkebutuhan Khusus.” Journal of Chemical Information and Modeling.
Mudjihartono, Paulus et al. 2010. “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DOSEN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS : UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA ).” Seminar Nasional Informatika 2010 (semnasIF).
PAMUNGKAS, BAYU. 2018. “Penanaman Nilai Karakter Dan Moral Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Anak Berkebutuhan Khusus Dan Pendidikan Inklusi.” Jurnal Moral Kemasyarakatan.
Sudrajat. 2015. “Strategi Pembelajaran.” Statewide Agricultural Land Use Baseline 2015.
Sunarwan, Aisyah. 2018. “Evaluasi Interaksi Sosial Dan Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Pada Pelayanan Akademik Di Institut Agama Islam Negeri Metro.” Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah.
Utomo, Bangun Prajadi Cipto. 2014. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Dosen STMIK Duta Bangsa Surakarta.” Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta.
Wahyuni, Lussy Dwiutami, and Fellianti Muzdalifah. 2010. “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI DALAM PROSES BIMBINGAN SKRIPSI.” Perspektif Ilmu Pendidikan.
Yuniawan, Arif Eko, Wastu Adi Mulyono, and Dwi Setiowati. 2015. “PERSEPSI DAN KESIAPAN DOSEN TERHADAP PEMBELAJARAN INTERPROFESIONAL.” Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing).
Yuwono, Imam, and Chairil Faif Pasani. 2018. “The Evaluation of Higher Order Thinking Skills Assessment of Special Needs Education Students with Guided Inquiry Method.” Journal of ICSAR.
Zaini, Hisyam. 2009. “Strategi Pembelajaran Aktif Implementasi Dan Kendalanya Di Dalam Kelas.” Prosiding Seminar Biologi.
Zulkifli, (2015) KOMITE SEKOLAH DI ANTARA CITA DAN REALITA.
Dalam UUD Nomor 19 tahun 2011 pasal 9
Nurul Kusuma Dewi, (2013) Manfaat Program Pendidikan untuk UAD
dalam Leili Kholida, (2011) Manajemen Pendidikan Inklusi : Social Disability Model
Pati, B (2011). Inclusive education of children with intelectual with disability under education for all (Sarva Shiksha
W.S Winkel, Psikolog Pengajaran, Yogjakarta : Media Abadi, 2009: 274
Kamus Bahasa Indonesia, (2000:72) Pemahaman.
Djamarah, Syaful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Menurut Permenristekdikti No 46 Tahun 2017 Pendidikan khusus dan layanan pasal 1 dan 3 .
Hj. Shopyatun, (2010) Pengembangan bahan ajar anak berkebutuhan khusus untuk pendidikan inklusi bagi mahasiswa program studi pg/paud FKIP Universitas Tadulako.
Andayani, Endah. 2010. “Pengaruh Profesionalitas Dosen Dalam Perkuliahan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Atas Layanan Akademik Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-Universitas Kanjuruhan Malang.” Jurnal Inspirasi Pendidikan.
Anggraini Susi Irmalia. 2001. “MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH: SEBUAH KAJIAN PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN MAHASISWA Irmalia Susi Anggraini *.” Jurnal Mahasiswa.
Cahyono, Ari. 2012. “Analisa Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Dan Karyawan Di Universitas Pawyatan Daha Kediri.” Jurnal Ilmu Manajemen Revitalisasi.
Fathurrohman. 2015. “MODEL- MODEL PEMBELAJARAN.” VDI Berichte.
Feriani, Erin. 2017. “Interaksi Sosial Dosen Dengan Mahasiswa Difabel Di Perguruan Tinggi Inklusif.” INKLUSI.
Fikri, Abdullah. 2014. “Partisipasi Politik Masyarakat Difabel Dalam Pembentukan Kebijakan Pendidikan Tinggi Inklusif.” INKLUSI.
Goyena, Rodrigo. 2019. “Anak Berkebutuhan Khusus.” Journal of Chemical Information and Modeling.
Mudjihartono, Paulus et al. 2010. “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DOSEN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS : UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA ).” Seminar Nasional Informatika 2010 (semnasIF).
PAMUNGKAS, BAYU. 2018. “Penanaman Nilai Karakter Dan Moral Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Anak Berkebutuhan Khusus Dan Pendidikan Inklusi.” Jurnal Moral Kemasyarakatan.
Sudrajat. 2015. “Strategi Pembelajaran.” Statewide Agricultural Land Use Baseline 2015.
Sunarwan, Aisyah. 2018. “Evaluasi Interaksi Sosial Dan Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Pada Pelayanan Akademik Di Institut Agama Islam Negeri Metro.” Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah.
Utomo, Bangun Prajadi Cipto. 2014. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Dosen STMIK Duta Bangsa Surakarta.” Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta.
Wahyuni, Lussy Dwiutami, and Fellianti Muzdalifah. 2010. “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI DALAM PROSES BIMBINGAN SKRIPSI.” Perspektif Ilmu Pendidikan.
Yuniawan, Arif Eko, Wastu Adi Mulyono, and Dwi Setiowati. 2015. “PERSEPSI DAN KESIAPAN DOSEN TERHADAP PEMBELAJARAN INTERPROFESIONAL.” Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing).
Yuwono, Imam, and Chairil Faif Pasani. 2018. “The Evaluation of Higher Order Thinking Skills Assessment of Special Needs Education Students with Guided Inquiry Method.” Journal of ICSAR.
Zaini, Hisyam. 2009. “Strategi Pembelajaran Aktif Implementasi Dan Kendalanya Di Dalam Kelas.” Prosiding Seminar Biologi.
Andayani, Endah. 2010. “Pengaruh Profesionalitas Dosen Dalam Perkuliahan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Atas Layanan Akademik Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-Universitas Kanjuruhan Malang.” Jurnal Inspirasi Pendidikan.
Anggraini Susi Irmalia. 2001. “MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH: SEBUAH KAJIAN PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN MAHASISWA Irmalia Susi Anggraini *.” Jurnal Mahasiswa.
Cahyono, Ari. 2012. “Analisa Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Dan Karyawan Di Universitas Pawyatan Daha Kediri.” Jurnal Ilmu Manajemen Revitalisasi.
Fathurrohman. 2015. “MODEL- MODEL PEMBELAJARAN.” VDI Berichte.
Feriani, Erin. 2017. “Interaksi Sosial Dosen Dengan Mahasiswa Difabel Di Perguruan Tinggi Inklusif.” INKLUSI.
Fikri, Abdullah. 2014. “Partisipasi Politik Masyarakat Difabel Dalam Pembentukan Kebijakan Pendidikan Tinggi Inklusif.” INKLUSI.
Goyena, Rodrigo. 2019. “Anak Berkebutuhan Khusus.” Journal of Chemical Information and Modeling.
Mudjihartono, Paulus et al. 2010. “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DOSEN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS : UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA ).” Seminar Nasional Informatika 2010 (semnasIF).
PAMUNGKAS, BAYU. 2018. “Penanaman Nilai Karakter Dan Moral Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Anak Berkebutuhan Khusus Dan Pendidikan Inklusi.” Jurnal Moral Kemasyarakatan.
Sudrajat. 2015. “Strategi Pembelajaran.” Statewide Agricultural Land Use Baseline 2015.
Sunarwan, Aisyah. 2018. “Evaluasi Interaksi Sosial Dan Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Pada Pelayanan Akademik Di Institut Agama Islam Negeri Metro.” Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah.
Utomo, Bangun Prajadi Cipto. 2014. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Dosen STMIK Duta Bangsa Surakarta.” Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta.
Wahyuni, Lussy Dwiutami, and Fellianti Muzdalifah. 2010. “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI DALAM PROSES BIMBINGAN SKRIPSI.” Perspektif Ilmu Pendidikan.
Yuniawan, Arif Eko, Wastu Adi Mulyono, and Dwi Setiowati. 2015. “PERSEPSI DAN KESIAPAN DOSEN TERHADAP PEMBELAJARAN INTERPROFESIONAL.” Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing).
Yuwono, Imam, and Chairil Faif Pasani. 2018. “The Evaluation of Higher Order Thinking Skills Assessment of Special Needs Education Students with Guided Inquiry Method.” Journal of ICSAR.
Zaini, Hisyam. 2009. “Strategi Pembelajaran Aktif Implementasi Dan Kendalanya Di Dalam Kelas.” Prosiding Seminar Biologi.
Andayani, Endah. 2010. “Pengaruh Profesionalitas Dosen Dalam Perkuliahan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Atas Layanan Akademik Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-Universitas Kanjuruhan Malang.” Jurnal Inspirasi Pendidikan.
Anggraini Susi Irmalia. 2001. “MOTIVASI BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH: SEBUAH KAJIAN PADA INTERAKSI PEMBELAJARAN MAHASISWA Irmalia Susi Anggraini *.” Jurnal Mahasiswa.
Cahyono, Ari. 2012. “Analisa Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Dan Karyawan Di Universitas Pawyatan Daha Kediri.” Jurnal Ilmu Manajemen Revitalisasi.
Fathurrohman. 2015. “MODEL- MODEL PEMBELAJARAN.” VDI Berichte.
Feriani, Erin. 2017. “Interaksi Sosial Dosen Dengan Mahasiswa Difabel Di Perguruan Tinggi Inklusif.” INKLUSI.
Fikri, Abdullah. 2014. “Partisipasi Politik Masyarakat Difabel Dalam Pembentukan Kebijakan Pendidikan Tinggi Inklusif.” INKLUSI.
Goyena, Rodrigo. 2019. “Anak Berkebutuhan Khusus.” Journal of Chemical Information and Modeling.
Mudjihartono, Paulus et al. 2010. “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA DOSEN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS : UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA ).” Seminar Nasional Informatika 2010 (semnasIF).
PAMUNGKAS, BAYU. 2018. “Penanaman Nilai Karakter Dan Moral Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Anak Berkebutuhan Khusus Dan Pendidikan Inklusi.” Jurnal Moral Kemasyarakatan.
Sudrajat. 2015. “Strategi Pembelajaran.” Statewide Agricultural Land Use Baseline 2015.
Sunarwan, Aisyah. 2018. “Evaluasi Interaksi Sosial Dan Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Pada Pelayanan Akademik Di Institut Agama Islam Negeri Metro.” Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah.
Utomo, Bangun Prajadi Cipto. 2014. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Dosen STMIK Duta Bangsa Surakarta.” Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta.
Wahyuni, Lussy Dwiutami, and Fellianti Muzdalifah. 2010. “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI DALAM PROSES BIMBINGAN SKRIPSI.” Perspektif Ilmu Pendidikan.
Yuniawan, Arif Eko, Wastu Adi Mulyono, and Dwi Setiowati. 2015. “PERSEPSI DAN KESIAPAN DOSEN TERHADAP PEMBELAJARAN INTERPROFESIONAL.” Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing).
Yuwono, Imam, and Chairil Faif Pasani. 2018. “The Evaluation of Higher Order Thinking Skills Assessment of Special Needs Education Students with Guided Inquiry Method.” Journal of ICSAR.
Zaini, Hisyam. 2009. “Strategi Pembelajaran Aktif Implementasi Dan Kendalanya Di Dalam Kelas.” Prosiding Seminar Biologi.