Main Article Content
Abstract
Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) merupakan strategi peningkatan kompetensi dosen LPTK yang dapat memberikan pengalaman nyata mengelola pembelajaran di sekolah. Pengalaman tersebut pada akhirnya akan diimplementasikan dalam pembelajaran di LPTK untuk menyiapkan guru di masa depan. Artikel ini ditulis untuk mendeskripsikan pelaksanaan PDS dalam implementasi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SLB Negeri 2 Padang. Pendidikan jasmani adaptif merupakan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang dalam kegiatan pembelajarannya telah dimodifikasi baik dari pelaksanaan kegiatan, rencana pembelajaran, kurikulum, permainan dan penilaian. Hasil dalam kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif melalui program PDS ini, tampak dari pengembangan-pengembangan kegiatan jasmani yang dilakukan oleh guru, baik dari bentuk rencana kegiatan, alat dan pelaksanaan kegiatan
Keywords
Article Details
References
-
Andi, Prastowo. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Beltasar Tarigan. 2000. Penjas Adaptif. Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2019. Panduan Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS), Ristekdikti.
Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Oemar Hamalik. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Penataran Guru SLTP Setara D-III . 2002. Pendidikan Jasmani Adaptif. Bandung. FPOK UPI
Sri Widati dan Murtadlo. 2007. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif. Jakarta: Depdiknas
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta
Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak dengan Hambatan Fisik dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19-24.