Main Article Content
Abstract
Salah satu tujuan pendidikan bagi anak tunagrahita ringan adalah mempersiapkan anak untuk memperoleh pekerjaan . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran keterampilan sebagai persiapan pekerjaan di SLB Sukagalih dan SLB ABC YPLAB Lembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi serta diskusi kelompok terpumpun (Focus Group Discussion/FGD), perolehan data diolah dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; guru-guru di 2 SLB telah melaksanakan prinsip-prinsip manajemen pembelajaran. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya belum optimal, penyusunan bahan ajar masih memakai pola-pola umum. Guru-guru menyatakan telah melakukannya pengorganisasian bidang studi, akomodasi kurikulum dilakukan melalui duplikasi, substitusi, modifikasi, omisi, dan program individual, serta urutan materi dan karakteristik materi pelajaran. Pelaksanaan pembelajaran belum ada bimbingan belajar secara individual yang sesuai dengan kemampuan dan irama belajar anak. Beberapa kesulitan dihadapi guru-guru dalam menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran baik secara umum maupun secara khusus. Namun, berbagai upaya telah dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut, akan tetapi hasilnya belum sesuai harapan.
Article Details
References
-
Amin, Moh. (1995). Orthopedagogik Tunagrahita. Jakarta. Dirjen Dikti, P2TG
Astati, (2001). Persiapan Pekerjaan PenyandangTunagrahita. Bandung. CV Pendawa.
---------(2011). Pendidikan Tunagrahita. Bandung. CV Catrur Karya Mandiri.
Moleong, L, J., (2011), Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Rosda Karya
Mukhtar, (2011). Desain Program Vokasional dan Bimbingan Karir untuk Siswa SMALB. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan
Mulyati. Euis Nani (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Tunagrahita Ringan. Universitas Islam Nusantara. Tidak Diterbitkan.
Rusman. (2016). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono, (2008), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Soendari, Tjutju dan Euis Nani M. (2015). Asesmen Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: CV. Catur Karya Mandiri.
Suhaeri, H.N (1980). Ortopedagogik Umum 1 dan 2. Diktat Kuliah. PLB FIP IKIP, Bandung.
Wardhani, IGK,2008, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.