Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan peranan orang tua dalam perawatan anak autis di rumah dengan kemajuan kemampuan bicara anak autis pada lembaga pendidikan anak autis di kota Padang. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain crossectional study yang dilaksanakan di Klinik Yamet SDS cabang Padang, SLB Mitra Ananda Padang dan SLB Autisma YPPA Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2023. Subjek penelitian ini adalah anak autis yang mendapat terapi wicara dengan jumlah adalah 65 orang. Hasil penelitian menunjukkan 55 orang responden yang mengalami kemajuan terapi terdapat 1 orang responden (12,5 %) orang tuanya kurang melakukan perawtan di rumah dan 54 orang responden (94,3 %) orang tuanya melakukan perawatan di rumah. Hasil uji statistik menggunakan uji chi square didapatkan nilai p=0,000 (p<0,05) artinya ada hubungan tempat terapi dengan kemajuan kemampuan bicara anak autis dengan peranan orang tua melakukan perawatan di rumah. Hasil penelitian ini dapat di terapkan pada keparawatan anak khususnya autis specrum disorder.

Article Details

How to Cite
Minropa, A., Khalida, R., & Wijaya, B. (2024). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Perawatan Anak Autis Di Rumah Dengan Kemajuan Kemampuan Bicara Anak Autis Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 8(1), 23–30. https://doi.org/10.24036/jpkk.v8i1.849

References

  1. Danuaatmaja, B. (2013). Terapi Anak Autis di Rumah. Puspa Suara.
  2. Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat. (2021).
  3. Fatmawati, A., Mujiadi, M., Prastya, A., Sudiyanto, H., & Primayu Abadi, Y. (2022). Gambaran Ketercapaian Terapi Pada Anak Dengan Autisme di Poli Sub Spesialis RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 3(1), 148–153. https://doi.org/10.22437/jini.v3i1.18319
  4. Ginanjar, A. S. (2018). Menjadi orang Tua Istimewa. Dian Rakyat.
  5. Handojo. (2019). autisme Pada Anak. Bhuana Ilmu populer.
  6. Leki, D. R., Tat, F., & Barimbing, M. (2019). Pengaruh Peran Orang Tua pada Terapi Wicara Terhadap Kemampuan Bicara pada Anak Penderita Autis di SDK STA. Maria Assumpta dan Pusat Layanan Autis Naimata Kota Kupang. CHM-K Applied Scientific Journal, 2(1), 44–56. http://cyber-chmk.net/ojs/index.php/sains/article/view/480
  7. Mahmud. (2017). Anak autis. Bandung.
  8. Shaddock, K. dan. (2010). Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinik Jilid II. Bina Rupa Aksara.
  9. Sutadi. (2015). Pencegahan Autis pada Anak. Alfabeta.
  10. Wiliam, C. (2017). Strategi Praktis bagi orang Tua dan Guru Anak. Dian Rakyat.
  11. YPAC. (2010). Pedoman Penanganan dan Pendidikan Autisme.
  12. Yuwono, J. (2019). Memahami Anak Autistik. Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)