Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian metode modelling terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada anak autism spectrum disorder di UPTD Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Kota Surakarta, dengan jenis penelitian yang digunakan merupakan kuantitatif dengan desain One-Grup Pre-Test and Post-Test Desain, dengan cara pengambilan data dengan purposive sampling yang menjadi kriteria anak autism spectrum disorder, sampel yang digunakan sebanyak 15 responden. Hasil uji pair t-test diperoleh signifikansi 0,000 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode modelling dalam peningkatan bahasa ekspresif pada anak autism spectrum disorder di UPTD Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Kota Surakarta. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa metode modelling dapat digunakan untuk meningkatkan bahasa ekspresif. Sehingga harapannya terapis maupun orangtua dapat menggunakan metode modelling pada proses terapi berlangsung dan saat dilakukan secara mandiri dirumah untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Fitriati, H. (2012). Penerapan Metode Modelling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Membuat Kerajinan Dari Kertas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karangjati Banjarnegara. https://lib.unnes.ac.id/18809/
- Hadiroh. (2024). Penerapan Metode Picture Exchange Communication System (Pecs) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak Autisme Kelas Iv Di Skh Negeri 01 Kota Serang. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 393–406.
- Larasati, P. A., Bachtiar, I. G., & Jaya, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak dengan Autisme Melalui Media Lotto Bergambar. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, Volume 9 N, 105–112. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/111459/104597
- Mahagiyani, & Sugiono. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian.
- Misdayani, Evelina, D. S., & Diana Aprilia, I. (2023). Rancangan Program Sistem Komunikasi Alternatif Augmentatif Pada Anak Dengan Spektrum Autis. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 157–166.
- Pratomo, H. T. A. (2022). Strategi Intervensi Gangguan Bahasa Perkembangan (1th ed.). Polkesta Press.
- Syahputri, M. M. (2021). Efektivitas Metode Repeated Interactive Read-Aloud dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak Prasekolah. 8(September), 116–131.
- Wijayaptri, N. W. P. (2014). Hambatan Komunikasi Pada Penyandang Autisme Remaja : sebuah studi kasus Ni Wayan Primanovenda Wijayaptri. 41–62.