Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di SDN 09 Koto Luar Padang, seorang siswa berkesulitan belajar mengalami masalah berupa rendahnya kemampuan operasi perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi perkalian melalui media Block Dienes. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A dengan teknik analisis visual grafik. Pengukuran variabelnya menggunakan frekuensi (dengan Tally). Hasil penelitian dianalisis menggunakan dua komponen yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi yang menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat secara positif, serta overlape data yang memiliki persentase rendah. Hasil penelitian pada kondisi baseline (A1) sebanyak lima kali dengan frekuensi 2, kondisi intervensi (B) sebanyak delapan kali dengan frekuensi tertinggi 6, dan pada kondisi baseline (A2) sebanyak lima kali dengan frekuensi tertinggi 6. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulakan bahwa media block dienes terbukti dapat meningkatkan kemampuan operasi perkalian pada anak berkesulitan belajar.
Keywords
Article Details
References
-
Marlina. 2009. Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP PRESS.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djumanto, Wahyudin. 2007. Matematiak. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Runtukahu, Tombokan. 1996. Pengajaran Matematika Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Depdikbud.
Sugiyono. 2006. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sunanto, Juang. 2005. Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Universitas of Tsukuba Jepang. Bandung: UPI Press.
Sundayana, Rostina. 2014. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabetacv.