Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di SDN 09 Koto Luar  Padang, seorang siswa berkesulitan belajar mengalami masalah berupa rendahnya kemampuan operasi perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi perkalian melalui media Block Dienes. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A dengan teknik analisis visual grafik. Pengukuran variabelnya menggunakan frekuensi (dengan Tally). Hasil penelitian dianalisis menggunakan dua komponen yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi yang menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat secara positif, serta overlape data yang memiliki persentase rendah. Hasil penelitian pada kondisi baseline (A1) sebanyak lima kali dengan frekuensi 2, kondisi intervensi (B) sebanyak delapan kali dengan frekuensi tertinggi 6, dan  pada kondisi baseline (A2) sebanyak lima kali dengan frekuensi tertinggi 6. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulakan bahwa media block dienes  terbukti dapat meningkatkan kemampuan operasi perkalian pada anak berkesulitan belajar.

Keywords

Block Dienes, operasi perkalian, anak berkesulitan belajar

Article Details

How to Cite
Yuliana, W. D., Efrina, E., & Sopandi, A. A. (2019). Efektifitas Media Block Dienes Dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkaian Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(1), 34–36. Retrieved from https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/143

References

    Marlina. 2009. Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP PRESS.
    Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
    Djumanto, Wahyudin. 2007. Matematiak. Bandung: Grafindo Media Pratama.
    Runtukahu, Tombokan. 1996. Pengajaran Matematika Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Depdikbud.
    Sugiyono. 2006. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
    Sunanto, Juang. 2005. Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Universitas of Tsukuba Jepang. Bandung: UPI Press.
    Sundayana, Rostina. 2014. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabetacv.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2