Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan instrumen asesmen sisa penglihatan fungsional peserta didik low vision untuk aspek cahaya, mendeskripsikan instrumen asesmen sisa penglihatan fungsional peserta didik low vision untuk aspek kekontrasan, mendeskripsikan instrumen asesmen sisa penglihatan fungsional peserta didik low vision untuk aspek ukuran, mendeskripsikan instrumen asesmen sisa penglihatan fungsional peserta didik low vision untuk aspek jarak , mendeskripsikan instrumen asesmen sisa penglihatan fungsional peserta didik low vision untuk aspek posisi. Dalam mencapai tujuan penelitian ini ditempuh dengan menggunakan metode penelitian pengembangan berfokus pada analisis kebutuhan dan pengujian efektivitas dari suatu model yang dikembangkan. Metode ini bertujuan untuk menemukan desain prosedur dan produk baru dengan terlebih dahulu melakukan uji lapangan, evaluasi, dan revisi, sehingga ditemukan prosedur dan produk yang diharapkan. Pelaksanaan  penelitian dan pengembangan meliputi sejumlah siklus kegiatan. Siklus dimulai dari studi pustaka dan studi lapangan (analisis data), penyusunan desain instrumen asesmen, validasi ahli, revisi instrumen asesmen, validasi ahli, revisi instrumen asesmen, validasi ahli lapangan, revisi instrumen asesmen. Hasil penelitian menunjukkan validitas atau kelayakan instrumen asesmen sisa penglihatan fungsional peserta didik low vision yang dikembangan sudah layak digunakan, hal ini dilihat dari hasil validasi ahli konstruksi, validasi ahli low vision, validasi guru SLB, dan revisi tim peneliti.

Keywords

instrumen asesmen sisa penglihatan fungsional peserta didik low vision

Article Details

How to Cite
Sidiq, Z. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Sisa Penglihatan Fungsional Pada Peserta Didik Low Vision. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 66–77. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.571

References

    Bishop, V. E. (1996). Teaching Visually Impaired Children. Springfield: Charles C. Thomas Publisher.

    Dodds, A. (1993). Rehabilitating Blind and Visually Impaired People: A
    psychological Approach. London: Chapman & Hall.

    Lowenfeld, B. (ed.). (1973). The visually handicapped child in school. New York: The John Day Company.

    Mangold, S. S. (1982). (ed). A Tachers Guide to the Special Educational Needs of Blind and Visually Handicapped. New York: American Foundation for the Blind.

    Mason, H dan McCall, S.(Eds). (1999). Visual Impairment: Access to Education for Children and Young People. London: David Fulton Publisher.

    Ponchilla, P. E dan Ponchilla, S. V. (1996). Foundations of Rehabilitation Teaching with Persons who are Blind or Visually Impaired. New York: AFB Press.

    Scholl, G. T. (ed).(1986). Foundations of education for blind and visually
    handicapped children and youth: Theory and practice. New York: American Foundation for the Blind.