Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan agar guru sekolah inklusif mampu menyusun kisi-kisi dan soal level 1,2 dan 3 (berbasis HOTS) untuk evaluasi formatif dan sumatif. Berdasarkan hasil supervisi akademik tahun 2020 sebanyak 70% guru di sekolah Inklusif binaan belum memahami dengan baik menyusun kisi-kisi dan soal level 1,2 dan 3 (berbasis HOTS), untuk mengatasi masalah tersebut pengawas melakukan pelatihan daring luring dengan strategi Discovery Learning. Rancangan penelitian adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Hasilnya aktivitas pelatihan guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 15%, guru yang memperoleh nilai A sebanyak 12 guru (60%), nilai B sebanyak 8 guru (40%). Penyusun soal sesuai kisi-kisi terdapat 8 guru dengan skor amat baik, 12 guru dengan skor baik, pada kriteria penilaian keterampilan menulis soal level 1,2 dan 3 (HOTS) terdapat 8 guru dengan skor amat baik, 12 guru dengan skor baik dan 100,00% mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti. Kesimpulannya pelatihan DL (daring luring) strategi DL (Discovery Learning) dapat meningkatkan aktivitas pelatihan dan ketrampilan guru dalam menyusun kisi dan soal level 1,2 dan 3 (berbasis HOTS).
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agusta, A. R., & Sadijah, C. (2021). Kesiapan Guru Melaksanakan Pembelajaran Berbasis HOTS Ditinjau dari Pengetahuan dan Kemampuan Mengemas Perangkat Pembelajaran Copyright © 2021 , the Authors . Published by Pendidikan Sosiologi FKIP ULM. PADARINGAN: Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 3(2), 402–424. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.20527/padaringan.v3i2.3422
- Alsalamah, A., & Callinan, C. (2021). education sciences Adaptation of Kirkpatrick ’ s Four-Level Model of Training Criteria to Evaluate Training Programmes for Head Teachers. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.3390/educsci11030116
- Anom, G. A. (2020). Supervisi Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD, 4(2), 221–228. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443
- Fanani, M. Z. (2013). STRATEGI PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM KURIKULUM 2013 Moh. Zainal Fanani IAIN Kediri. Edudeena Journal Of Islamic Religious Education, 57–76. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
- Issaka, C. A. (2018). Effect and snags of provision of in-service education and training for teachers in basic schools for the deaf, 10(November), 128–134. Retrieved from https://doi.org/10.5897/IJEAPS2018.0568
- Koto, I., Susanta, A., & Winarni, E. W. (2020). Jurnal Abdi Pendidikan PeningkatanKompetensi Pedagogik Guru-guru Sekolah Dasar Tentang Tes Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Higher Order Thinking Skill, 01(1), 99–111. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jap.1.2.99-111
- Lubab, A., & Hafiyusholeh, M. (2019). Laporan pengabdian masyarakat berbasis program studi.
- Lubis, S. (2020). PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF (Kajian Pelatihan Guru Mata Pelajaran Ushul Fikih Madrasah Aliyah Kejuruan di Balai Diklat Keagamaan Padang), 8(1), 366–378. Retrieved from https://doi.org/Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar
- Pegalajar, C., Medina-garcia, M., & Higueras-rodriguez, L. (2020). Analysis of Initial Teacher Training for the European Area : A Key Instrument of Social Transformation, 7(3), 277–284. Retrieved from https://doi.org/10.20448/journal.509.2020.73.277.284
- Reniasih, G. N. (2020). Penerapan Bimbingan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru di SD, 4(1), 41–47. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24278
- Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD, 4(2), 241–247. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461
- Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar, 2010, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Suprianti, D., Dasna, I. W., & Munzil, M. (2020). Pengaruh Strategi Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ditinjau. JPTPP, (2013), 1717–1724. Retrieved from https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14282
- Takdir. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta: DIVA Press.
- Wicaksono, A. G., & Riyadi, J. (2020). PENDAHULUAN Sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan , pemerintah selalu menyempurnakan kurikulum . Kurikulum yang berlaku saat ini adalah kurikulum 2013 . Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan yang biasa disebut pendekatan saintifik ( scientific app. Retrieved from https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33061/awpm.v4i2.4165
- Widana, I. W. (2017). MODUL PENYUSUNAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Zheng, H., & Zhang, L. (2021). Online training of prospective language teachers: exploring a new model, (2021), 199–214. Retrieved from https://doi.org/10.14705/rpnet.2021.52.1273