Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan alphabet geser untuk meningkatkan kemampuan membaca  murid tunagrahita kelas dasar II di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen subjek tunggal (single subjek research) dengan desain penelitian A-B-A. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alphabet geser berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca pada murid tunagrahita. Hasil tersebut dibuktikan berdasarkan hasil analisis dalam kondisi: 1) pada fase baseline 1 (A1) kemampuan membaca berada pada kategori sangat rendah, 2) Fase intervensi (B) kemampuan membaca meningkat dan berada pada kategori cukup ,  3) fase baseline 2 (A2) kemampuan membaca meningkat dan berada pada kategori tinggi.  Berdasarkan analisis antar kondisi tidak terjadi data tumpang tindih sehingga dapat disimpulkan bahwa alphabet geser dapat meningkatkan kemampuan membaca pada  murid tunagrahita kelas dasar II di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.

Article Details

How to Cite
Meidina, T., Sulasminah, D. ., & Kasmawati, S. . (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Penggunaan Alfabet Geser pada Murid Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 108–113. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i2.644

References

  1. Arikunto, S. (2004). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Gettman, D. (2016). Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Meilani Sanjaya. (2022). Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan dan Menulis Anak Tuna Grahita Ringan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. Vol.6, No.1, 2022, pp. 11-18
  4. Nurhadi (2005).Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
  5. Nuryati, S. (2007). Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Permainan Bahasa di Kelas Awal Sekolah Dasar
  6. Rohanah Rohanah , Imas Diana Aprilia dan Oom Siti Khomdijah. 2022. Pembelajaran Program Vokasional di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol.6, No.1, 2022, pp. 19-27
  7. Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  8. Sunanto, Juang. (2005). Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Pres.