Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan alphabet geser untuk meningkatkan kemampuan membaca murid tunagrahita kelas dasar II di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen subjek tunggal (single subjek research) dengan desain penelitian A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alphabet geser berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca pada murid tunagrahita. Hasil tersebut dibuktikan berdasarkan hasil analisis dalam kondisi: 1) pada fase baseline 1 (A1) kemampuan membaca berada pada kategori sangat rendah, 2) Fase intervensi (B) kemampuan membaca meningkat dan berada pada kategori cukup , 3) fase baseline 2 (A2) kemampuan membaca meningkat dan berada pada kategori tinggi. Berdasarkan analisis antar kondisi tidak terjadi data tumpang tindih sehingga dapat disimpulkan bahwa alphabet geser dapat meningkatkan kemampuan membaca pada murid tunagrahita kelas dasar II di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, S. (2004). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
- Gettman, D. (2016). Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Meilani Sanjaya. (2022). Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan dan Menulis Anak Tuna Grahita Ringan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. Vol.6, No.1, 2022, pp. 11-18
- Nurhadi (2005).Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
- Nuryati, S. (2007). Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Permainan Bahasa di Kelas Awal Sekolah Dasar
- Rohanah Rohanah , Imas Diana Aprilia dan Oom Siti Khomdijah. 2022. Pembelajaran Program Vokasional di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol.6, No.1, 2022, pp. 19-27
- Somadayo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Sunanto, Juang. (2005). Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Bandung: UPI Pres.