Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode Fernald terhadap kemampuan membaca dan menulis anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain single case experimental pada satu orang anak laki-laki tunagrahita ringan kelas 7 SMP. Data dalam penelitian dianalisis secara deskripstif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan setelah mendapatkan intervensi sebanyak 6 kali dengan durasi masing-masing sesi 60 menit, subjek mengalami peningkatan dalam kemampuan membaca permulaan dan menulis gabungan diftong vokal, dan vokal rangkap. Peningkatan ini dapat diukur melalui peningkatan nilai subjek pada kemampuan membaca permulaan dan menulis sebelum dan setelah intervensi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode multisensori Fernald efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan menulis anak tunagrahita ringan

Keywords

Metode Fernald membaca permulaan Menulis Tunagrahita ringan

Article Details

How to Cite
Sandjaja, M. (2022). Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan dan Menulis Anak Tuna Grahita Ringan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i1.613

References

  1. Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  2. Ahmadi, A., Ramezani, Y., Abdi, H. M., Branch, H. F., Hosseinzadeh, A., & Amini, A. (2013). Investigating the Reading Efficacy Through the Neurological Impress Method on the Mentally Retarded Male Students’ Reading Development in First Year of Professional Skills Course in Boroujerd City. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 7(1), 208–212.
  3. Bahrun Mustofa, M. A., & Mukhoyyaroh, T. (2020). EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMULAI MEMBACA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 12(2), 139-152.
  4. Desriyani, Y., Nurhidayah, I., & Adistie, F. (2019). Burden of Parents in Children with Disability at Sekolah Luar Biasa Negeri Cileunyi. NurseLine Journal, 4(1), 21-30.
  5. Dewi, S. U. S. (2015). Pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelas awal sekolah dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1), 1-13.
  6. Dasmiati, D. (2019). METODE VAKT DAN MEDIA PASIR DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN BAGI ANAK TUNA GRAHITA SEDANG DI KELAS I SDLB-C YPAC MEDAN. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 5(1), 155-167.
  7. Litasari, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Satu Tunarungu Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 180–188. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.605
  8. Mangunsong, Frieda. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: LPSP3 UI.
  9. Moustafa, A., & Ghani, M. Z. (2017). The Effectiveness of a Multi Sensory Approach in Improving Reading CVC Words among Mild Intellectual Disabled Students in State of Kuwait. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 43–49. https://doi.org/10.9790/7388-0701014349
  10. Prasetyaningrum, S., & Faradila, A. (2019). Application of VAKT Methods (Visual, Auditory, Kinestetic, and Tactile) to Improve The Ability Reading for Mild Mental Retardation. 304(Acpch 2018), 379–385. https://doi.org/10.2991/acpch-18.2019.91.
  11. Pratiwi, M. S. (2011). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang: Semarang University Press
  12. Purnamasari, P., & Soendari, T. (2018). Metode VAKT Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan. JASSI ANAKKU, 19(1), 25-31.
  13. Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretaris Negara Republik Indonesia. Jakarta.
  14. Saragih, A., & Widayat, I. W. (2020). Metode Fonik Dan Proximal Self Motivation untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(1), 26-30.
  15. Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi sekolah penyelenggara pendidikan inklusi pada tingkat SD. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 13(1), 50-61.
  16. Widiamoksa, G., Sugini., Suptratiwi, M. (2019). The Influence of Fernald Method to Increase Early Writing Skill of Students with Intellectual Disability in Grade II of SLB Panca Bakti Mulia Surakarta 2018-2019. IJDS: INDONESIAN JOURNAL OF DISABILITY STUDIES, 6(1), 89-94