Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pembelajaran online class semasa Covid-19, menjelaskan media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran online class, menjelaskan pandangan – pandangan tenaga pendidikan selama online class semasa Covide-19, menjelaskan problematika dalam pembelajaran online class semasa Covid19 pada mahasiswa dengan hambatan pendengaran, serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam online class pada mahasiswa dengan hambatan pendengaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Melalui metode ini, sasaran penelitian ini adalah mahasiswa dengan hambatan pendengaran. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Untuk memperoleh kebenaran data digunakan teknik triangulasi data yaitu membandingkan keadaaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang lain, serta hasil wawancara dengan dokumen yang berkaitan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
- Arikunto, Suharmini. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
- Azwar, Syaifuddin. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Azwar, Syaifuddin. (2019). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Belawati, Tian. (2020). Pembelajaran Online. Tangerang Selatan: UT Kemendikbud
- Bilfaqih, Yusuf dan M. Nur Qomarudin. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish
- Efendi, Mohammad. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara
- Firman, dan Sari Rahayu Rahman. (2020). Pembelajaran Online di Tengah PandemiCovid-19. IJES. 2 (2): 81-89
- Heliandry, Luh Devi, dkk. (2020). Pembelajaran Pada Masa Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan. 22 (1): 65-70
- IG.A.K. Wardani, dkk. (2008). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka—Ed.1— Indonesia. Kementrian Kesehatan. Direktorat Jendral Bina Gizi dan KIA. (2011). Pedoman Pelayanan Kesehatan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Untuk Petugas Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI
- Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. (2014). Metodelogi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama
- Isnaryanti, Maretha Lia. (2009). Studi Deskriptif Tentang Anak Sekolah Dasar InklusiTerhadap Teman Sebaya yang Berkebutuhan Khusus. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
- Kustawan, Dedy dan Yani Meimulyani. (2013). Mengenal Pendidikan Khusus & Pendidikan Khusus Serta Implementasinya. Jakarta: PT. Luxima Metro Media
- Mahnun, Nunu. (2018). Implementasi Pembelajaran Online dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online di Perguruan Tinggi Islam dalam mewujudkan World Class University. IJIEM: Kajian Teori dan HasilPenelitian Pendidikan. 1(1): 29-36
- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 24 Maret 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)
- Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.
- Sukoharjo: LPPM Universitas Veteran Bangun Nusantara Presiden Republik Indonesia. (2020). Peraturan Pemerintah Republik IndonesiaNomor 12 Tahun 2020 tentang Akomdasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas. Jakarta: Presiden Republik Indonesia
- Rahmadhani, Rita. (2011). Sikap Remaja Terhadap Perilaku Seksual Pranikah Ditinjau dari Tingkat Penalaran Moral. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
- Riyana, Cepi. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
- Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6 (02): 214-224
- Sekar Ayu Agvitra Mahardi, Ni. (2018). ―Kesejahteraan Psikologis Remaja Tunarungu (Studi Deskriptif Siswa Tunarungu di SMK Muhammdiyah 3 Yogyakarta)” Skripsi. Universitas Negri Yogyakarta, Yogyakara
- Skripsi Proposal, Ide. (2019). ―Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif‖.(https://ideproposalskripsi.blogspot.com/2019/05/metode-penelitian- deskriptifkuantitatif.html). Diakses pada 30 Oktober 2021 pukul 22.00WIB.
- Somantri, T. Sutjihati. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama
- Sri Wahyuni, Nini. (2012). Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kemampuan Besosialisasi
- pada Siswa SMK Negeri 3 Medan. Jurnal DIVERSITA. 2 (2):1-11 Subana, dkk. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
- Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
- Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
- Utami, Dianing. (2009). ―Kepercayaan Diri Remaja Putri Tunarungu‖. Skripsi. Fakultas Psikologi, Psikologi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
- Waryanto, Nur Hadi. (2006). On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras. 2 (1): 10-23
- Wasito, Dian Rachmawati, Dwi Sarwindah S., dan Wiwik Sulistiani. (2010). Penyesuaian Sosial Remaja Tuna Rungu yang Bersekolah di Sekolah Umum. Insan Media Psikologi. 12 (3): 138-152 WHO. 2020
- Yulia, Meda dkk. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.