Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gangguan bahasa bicara yang terjadi pada anak dengan hearing impairment usia 7 tahun. Metode penelitian ini adalah studi kasus (deskirptif kualitatif). Hasil dari penelitian ini adalah karakteristik gangguan bahasa bicara pada klien dengan hearing impairment adalah bahasa ekspresif dan reseptifnya mengalami masalah, gangguan artikulasi masih terdapatnya SODA (substitusi, omisi, distorsi, dan adisi pada setiap ucapannya), suara hipernasal, dan klien mengalami masalah pada pendengarannya (memakai alat bantu dengar). Pelaksanaan penelitian pada kasus ini dimulai dari wawancara dengan orangtua, observasi klien dan tes kemampuan bahasa dan bicara klien. Dari hasil penelitian ini sebagai acuan dalam pembutan program pada klien. Kesimpulan yang didaptkan klien mengalami masalah reseptif, eksperif, masalah pragmatic dan gangguan pada artikulasinya.

Keywords

Hearing impairment Gangguan bahasa bicara

Article Details

How to Cite
Sari, Y. A. R. ., Khalida, R., Eddyul, I. A. ., & Handayani, R. P. . (2022). Profil Gangguan Bahasa Bicara Anak dengan Hearing Impairment Usia 7 Tahun . Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 122–127. https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i2.651

References

  1. Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus . Jurnal Magistra, 1-10.
  2. Mudjiyanto, B. (2018). Pola Komunikasi Siswa Tunarungu di SLBN B Kota Jayapura. Junal Studi
  3. Komunikasi dan Media , 151-166.
  4. Bunawan, L., & Yuwati, S. (2000). Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta: Yayasan Santi
  5. Rama.
  6. Guyton, A., & Hall, J. (2007). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Edisi 9. Jakarta: EGC.
  7. Hedge, M. (2018). Hegde's PocketGuide to treatment in speech-language pathology (4th ed.). California: Plural Publishing.
  8. Shipley, K. (2020). Assessment in Speech-Language Pathology; A Resource Manual (5th edition). Boston: Cengage Learning.
  9. Hernawati, T. (2007). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Dan Berbicara Anak Tunarungu.
  10. JASSI anakku, 101-110.
  11. Bintoro, T. (2010). Kemampuan Komunikasi Anak Tunarungu. Perspektif Ilmu Pendidikan, 12-42.
  12. Yayat, S., & Rila, M. (2021). Problem-Solving Pelaksanaan Intervensi oleh Keluarga yang Memiliki Anak Hambatan Pendengaran Menggunakan Implan Koklea di Masa Pandemi. Jurnal
  13. Pendidikan Kebutuhan Khusus, 169-176