Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pola interaksi sosial anak dengan hambatan intelektual dengan lingkungan sekolah melalui modifikasi perilaku menggunakan teknik shaping di SKh 01 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan desain A-B-A dengan rentang sesi yaitu baseilne 1 (A1) sebanyak 4 kali sesi, intervensi (B) sebanyak 8 kali sesi, dan baseline 2 (A2) sebanyak 4 kali sesi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan di tampilkan melalui grafik garis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penerapan teknik shaping dalam meningkatkan pola interaksi anak dengan hambatan intelektual dapat meningkatkan pola interaksi anak dengan lingkungan sekitar anak dengan hasil yang diperoleh pada fase baseline 1 (A1) nilai rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 33%. Pada intervensi (B) nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 87% sedangkan pada baseline 2 (A2) nilai rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 66%.

Keywords

Teknik Shaping Anak dengan Hambatan Intelektual Interkasi Sosial

Article Details

How to Cite
Putri, K. A., Pratama, T. Y., & Utami, Y. T. (2024). Penerapan Teknik Shaping dalam Meningkatkan Pola Interaksi Sosial Siswa dengan Hambatan Intelektual Ringan Kelas VI di SKh 01 Kota Serang dengan Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 8(1), 7–13. https://doi.org/10.24036/jpkk.v8i1.831

References

  1. Awalia, H. R., & Mahmudah, S. (2016). Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(1), 1-16.
  2. Faz, G. O. (2015). Penerapan Metode Modifikasi Perilaku Pembentukan (Shaping) untuk Membentuk Perilaku Sosial Anak dengan Ketidak-Mampuan Intelektual Ringan. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(2).
  3. Jania, A. S., & Netrawati, N. (2019). Relationship Between Creativity With Self-Concept of Student Junior High School 2 Padang. Jurnal Neo Konseling, 1(4). Doi : https://doi.org/10.24036/00167kons2019
  4. Munawaroh, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Pengembangan Diri dalam Memakai Baju Melalui Teknik Shaping Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas Iv Slb Korpri Kauman. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 53-61.
  5. Qalby, N., & Suprapto, E. F. (2021). Fasilitas Bermain Jungkat Jungkit Untuk SLB Untung Tuah Samarinda. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri dan Arsitektur, 9(1), 8-8. Doi: https://doi.org/10.46964/jkdpia.v9i1.147
  6. Tibo, P., Tobing, O. S. L., & Brutu, Y. T. (2022). Peran Guru Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa C. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 3(3), 151-157. Doi https://doi.org/10.37010/kangmas.v3i3.903
  7. Wati, Mirna. (2020). Modifikasi Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus. Banjarmasin. Oase Pustak

Most read articles by the same author(s)