Main Article Content

Abstract

Perencanaan strategis merupakan elemen penting yang memastikan institusi pendidikan dapat mencapai misi dan tujuannya secara efektif. Tahap awal sebelum melakukan perencanaan strategis tersebut adalah dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dikenal dengan analisis SWOT. SLB Negeri Bontang juga melakukan analisis tersebut berdasarkan hasil dari studi dokumentasi berupa rapor pendidikan pada jenjang SD tahun 2023 dan wawancara dengan pihak terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap analisis SWOT yang dilakukan sebelum merumuskan perencanaan pendidikan di SLB Negeri Bontang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan perhitungan analisis SWOT menggunakan studi dokumen dan wawancara. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pengambilan keputusan berdasarkan data akan menguatkan arah pelaksanaan pendidikan. Disamping itu, perencanaan yang disusun berdasarkan analisis yang tepat akan menghasilkan rencana strategis yang efektif dan efisien.

Keywords

Perencanaan Strategis Pendidikan Analisis SWOT

Article Details

How to Cite
Darwis, A. A., Susilowati, E., Tominsen, Y., Matori, Z., & Nurlaili, N. (2024). Penerapan Perencanaan Strategis dengan Analisis SWOT di Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 8(2), 84–92. https://doi.org/10.24036/jpkk.v8i2.954

References

  1. Sibuea, G. T., & Anwar, U. (2022). PEMASARAN HASIL KEGIATAN KERJA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB BENGKULU ( Swot Analysis Of The Marketing Strategy Planning The Results Work Activities In The Bengkulu Class IIB Women Prison ). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol., 10(2), 9–22.
  2. Suriono, Z. (2022). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. ALACRITY : Journal of Education, 1(20), 94–103. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3.50
  3. Garnika, E., Rohiyatun, B., & Najwa, L. (2021). Implementasi Analisis Swot dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(2), 162–169. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.3031
  4. Smp, P., & Kendari, N. (2019). p-ISSN: 2541-383X e-ISSN: 2541-7088. 4(1), 1–24. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5173
  5. Rika Yohana Sari, Rusdinal, & Anisah. (2024). Analisis Swot Sebagai Alat Penting Dalam Proses Perencanaan Strategis Organisasi Non-Profit. Jurnal Niara, 17(1), 87–97. https://doi.org/10.31849/niara.v17i1.19967
  6. Sulistiyanto, E., & Chotimah, C. (2023). Manajemen Strategik Berupa Identifikasi Swot Dalam Perencanaan Pendidikan Pada Madrasah Negeri. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(1), 29–44. https://doi.org/10.24256/kelola.v8i1.3554
  7. Nazarudin. (2021). Manajemen Strategik. In NoerFikri Offset. http://repository.radenfatah.ac.id/7078/1/Buku manajemen strategik-digabungkan.pdf
  8. Hang Tuah, U. (2022). Rencana Strategis 2021-2025 (Penyempurnaan : Analisis SWOT). Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology. PENERAPAN PERENCANAAN STRATEGIS DENGAN ANALISIS SWOT. (n.d.).
  9. Pagi, S., Sekolah, K., & Didik, P. (2020). Detil Rapor Mutu. 1–6.
  10. Sujoko, E. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berdasarkan Analisis Swot Di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 83. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p83-96
  11. Sasoko, D. M., & Mahrudi, I. (2023). Teknik Analisis SWOT Dalam Sebuah Perencanaan Kegiatan. Jurnal Perspektif-Jayabaya Journal of Public Administration, 22(1), 8–19.
  12. Djafar, F. (2018). Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Cv. Idola Indonesia. Skripsi, 23–41.