Main Article Content

Abstract

Anak dengan kebutuhan khusus merupakan anak-anak yang mengalami gangguan (disfungsi) secara fisik, mental/intelektual, sosial, dan emosional. Keadaan gangguan itu akan mempengaruhi psikis dan prestasi belajar anak. Meski demikian, dengan segala keadaannya, bukan berarti mereka kehilangan kesempatan untuk memperoleh hidup seperti anak-anak lain pada umumnya. Anak-anak dengan label kekhususan ini tetap harus mendapat ruang hidup yang layak dan kesempatan yang sama untuk mengebangkan potensi yang mereka miliki. Salah satu cara untuk membantu anak berkebutuhan yaitu dengan memberikan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan guna memenuhi kebutuhannya seperti anak normal pada umumnya. Agar mereka lebih mandiri lagi dan tidak selalu bergantung dengan orang lain. Diharapkan dengan adanya kesempatan kerja tersebut anak berkebutuhan khusus dapat mengembangkan potensi dan dapat bersosialisasi dengan anak-anak normal lainnya.

Keywords

Pemberdayaan, Tunagrahita Ringan, Tenaga Kerja, Kantin

Article Details

How to Cite
Siregar, G., Iswari, M., & Efendi, J. (2019). Pemberdayaan Tunagrahita Ringan Sebagai Tenaga Kerja Penjaga Kantin. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(1), 43–46. Retrieved from https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/191

References

    Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
    Wantah, J, Maria. 2007. Pengembangan kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: Depdikbud
    Sumekar, Ganda. 2009. Anak berkebutuhan khusus. Padang: Unp press
    Moleong, Lexy.2012.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA
    Suteki, Mega (2014). Pelaksanaan Layanan Khusus Kantin Di SMP Negeri1 Diwek Jombang Diperoleh dari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=6&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjb2KuQ7f_YAhUJPI8KHW75BnUQFghFMAU&url=http%3A%2F%2Fjurnalmahasiswa.unesa.ac.id%2Farticle%2F10080%2F16%2Farticle.pdf&usg=AOvVaw1laVSevS5tYKMA2bUjfn5Y
    Letari, Puji (2015) Pemberdayaan Anak Tunagrahita Melalui Pelatihan Keterampilan Di Sekolah Luar Biasa Wukirsari Imogiri Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga diperolrh dari http://digilib.uin-suka.ac.id/15629/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
    Priyanti, dkk. Upaya Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pembelajaran Kewirausahaan Di SLB Negeri Purworejo diperoleh dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8957/6518
    Syamsi, Ibnu (2010). Membuka Peluang Berwirausaha Untuk Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus. Universitas Negeri Yogyakarta diperoleh dari https://media.neliti.com/media/publications/123849-ID-membuka-peluang-berwirausaha-untuk-pembe.pdf