Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar SBDP melalui penggunaan media bekas bungkus kopi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus . Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dimulai dengan perencanaan , Pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Alat Pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi , catatan lapangan dan hasil tugas siswa yang dianalisis secara kualitatif. Selama penelitian berlangsung kolaborator selalu mengamati guru dan siswa serta membuat catatan lapangan. Semua catatan yang diperoleh selama pengamatan tersebut dijadikan bahan perenungan atau diskusi untuk melakukan tindak lanjut kegiatan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan media bekas bungkus kopi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI Tunagrahita SLB Budi Karya Talago
Keywords
Article Details
References
-
AL IRSYADI, Fatah Yasin; NUGROHO, Yusuf Sulistyo. Game edukasi pengenalan anggota tubuh dan pengenalan angka untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) tunagrahita berbasis kinect. Prosiding SNATIF, 2015, 13-20.
MARLIANI, Novi. Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi Dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2015, 4.2.
ROCHYADI, Endang. Karakteristik dan Pendidikan Anak Tunagrahita. Modul pada Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan, 2012.
SUDRAJAT, Akhmad. Media pembelajaran. On Line at http://akhmadsudrajat. wordpress. com [diunduh tanggal 9 April 2010], 2008.
WIDAYANTI, Lusi, et al. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 2014, 17.49.