Main Article Content

Abstract

Jurnal merupakan salah satu sumber belajar yang menjadi referensi wajib bagi mahasiswa ditingkat perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan jurnal terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah anatomi fisiologi genetika dan neurologi pada mahasiswa semester 1 jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah Mahasiswa Semester 1 Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Tahun Akademik 2019/2020 sebanyak 104 orang yang mengikuti mata kuliah Anatomi Fisiologi Genetika dan Neurologi. Hasil uji kolmogorov-smirnov menunjukkan data berdistribusi normal 0,255 (>0,05) sehingga uji bivariat yang digunakan yaitu Paired T Test. Hasil Paired T Test diperoleh nilai rata-rata pretest, yaitu 68,83 sedangkan pada posttest, terjadi peningkatan rerata hasil belajar 92,84. Selanjutnya, diperoleh hasil p value = 0,000 (p value = <0,05); hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan jurnal dalam belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. Melalui pengoptimalan pemanfaatan jurnal dalam kegiatan pembelajaran, hal itu sangat signifikan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Keywords

Jurnal, Hasil Belajar, Pendidikan Luar Biasa

Article Details

How to Cite
Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, I. S. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Jurnal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Genetika dan Neurologi Mahasiswa Semester 1 Jurusan PLB FIP Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 43–46. https://doi.org/10.24036/jpkk.v3i2.548

References

    Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian "Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
    Eko Patrianto Wibowo (2016). Teacher Competence In Use Of By Utilization Learning Resources In SDN caturtunggal 6. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. V Nomor 5 Tahun 2016.
    H.Abd.Hafid (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana Volume 6 Nomor 2.
    Irma Ayuwanti (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2527-967X.

    Riry Mardiyan (2012). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuian Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA N 3 Bukittinggi Dengan Metode Bermain Peran (Role Playing). PAKAR PENDIDIKAN. VOL. 10 NO. 2 JULI 2012 (151-162).