Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Metode SAS bagi siswa kelas satu tunarungu. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan III siklus. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan yang signifikan, ketuntasan belajar dan hasil  belajar siswa setelah menggunakan metode SAS  pada siklus-III. Hal ini mengandung makna bahwa PTK dapat dinyatakan” berhasil”. Keberhasilan ini ditunjukkan  oleh indikator sebagai berikut : (a) Siswa berhasil mencapai kategori tuntas belajar (100%), bahkan 38% termasuk kategori “ sangat tuntas”. (b) Hasil belajar siswa mencapai nilai rerata 75, melebihi kriteria yang ditetapkan yaitu rerata 70

Keywords

Metode SAS membaca permulaan tunarungu

Article Details

How to Cite
Litasari, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Satu Tunarungu Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 180–188. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.605

References

    Akhadiah S, (1991). Bahasa Indonesia. Jakarta; Depdikbud
    Arsyad, (1996). Media Pembelajaran. Jakarta; Raja Grafindo Persada
    Diknas. (1996) . Metodik khusus pengajaran Bahasa Indonesia di SD. Jakarta; Depdikbud.
    Diknas. (1998). Petunjuk Pengajaran Membaca dan menulis di kelas I, II di Sekolah Dasar. Jakarta; Depdikbud.
    Effendi M (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan, Jakarta : Bumi Aksara.
    Jodian dan Asrial. (2010). Model Pembelajaran Sains. FKIP Unja
    Ritawati. (1996). Bahan Ajar pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas rendah SD. Padang ; IKIP Padang.
    artadinata S (1999), Bimbingan Di Sekolah Dasar, Bandung : Departemen Pendidikan Dan
    Kebudayaan : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
    Sadjaah Edja. (1995). Bina Persepsi bunyi dan Irama. Jakarta; Depdikbud.
    Somad Permanarian dan Tati H. (1996). Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta; Depdikbud.
    Sudjana, N. ( 2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo
    Suharsimi, A (2006). Penelitian tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara
    Sumantri, T S (2006). Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung Refika Aditama
    Yusuf, M. (2003) Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar, Solo : Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
    Winkel, WS (1996). Psikologi Pengajaran, Jakarta : Grasindo
    Herman, J. (1994). Penelitian pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta;Sebelas Maret University press.
    Rejana, Imam (1991). Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta; Depdikbud.