Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukan anak tunagrahita ringan di kelas D.IV yang belum mampu berwudhu. Hal ini disebabkan karena minim durasi pada mata pelajaran agama Islam dan kurang latihan dalam tata cara berwudhu.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu pada anak tunagrahita ringan di kelas D.IV (DN dan FJ) melalui model pengajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi. Kegiatan penelitian dilakukan dua siklus dengan dua belas  kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam  berwudhu. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pengajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu bagi anak tunagrahita ringan kelas D.IV di SLB YPAC Sumbar Padang.


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukan anak tunagrahita ringan di kelas D.IV yang belum mampu berwudhu. Hal ini disebabkan karena minim durasi pada mata pelajaran agama Islam dan kurang latihan dalam tata cara berwudhu.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu pada anak tunagrahita ringan di kelas D.IV (DN dan FJ) melalui model pengajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi. Kegiatan penelitian dilakukan dua siklus dengan dua belas  kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam  berwudhu. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pengajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu bagi anak tunagrahita ringan kelas D.IV di SLB YPAC Sumbar Padang.

Keywords

Model Pengajaran Langsung, Tata Cara Berwudhu, Tunagrahita Ringan

Article Details

How to Cite
Prayoga, H., Efrina, E., & Efendi, J. (2018). Meningkatkan Tata Cara Berwudhu Melalui Model Pengajaran Langsung pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas D.IV. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 32–36. https://doi.org/10.24036/jpkk/vol2-iss1/89

References

    Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
    Aqib, Z. 2007.Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
    Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
    Muiz, A. 2013. Panduan Shalat Terlengkap. Jakarta: Pustaka Makmur