Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, ada penyandang tunanetra yang mengalami masalah dalam proses pelaksanaan pijat shiatsu di PSBN Tuah Sakato Padang. Berdasarkan hal di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi dan data tentang bagaimana pelaksanaan pijat shiatsu melalui tutor sebaya bagi penyandang tunanetra di PSBN Tuah Sakato Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengambarkan keadaan suatu objek atau subjek yang diteliti dengan menggunakan data dan informasi yang telah ditemukan di lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru/instruktur pijat shiatsu dan penyandang tunanetra X. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Tuah Sakato Padang dengan mengambil kelas lanjutan. Hasil penelitian ini akan menggambarkan tentang bagaimana pelaksanaan pijat shiatsu melalui tutor sebaya yang meliputi proses pelaksanaan pijat shiatsu melalui tutor sebaya, kendala-kendala yang dialami dalam pelaksanaan pijat shiatsu serta usaha apa yang digunakan untuk mengatasi kendala yang dihadapi.

Keywords

Pijat shiatsu, tutor sebaya, penyandang tunanetra

Article Details

How to Cite
Sinaga, R., Amsyaruddin, A., & Efendi, J. (2019). Pelaksanaan Pijat Shiatsu Malalui Tutor Sebaya bagi Penyandang Tunanetra. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(1), 30–33. Retrieved from https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/137

References

    Arikunto, Suharsimi. (2006), Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
    Iswari, Mega. (2008). Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press
    J. Moleong, Lexy. (2007). Metodologi Penelitan Kuantitaif: Bandung : PT. Remaja Rosada Karya
    Margono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya
    Nazir, Mohammad. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
    Rahadja, Djadja. 2010. Sistem Pengajaran Modul Oreintasi dan Mobilitas. Bandung: UPI
    Soemarjadi, dkk. 1992. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud
    Sumekar, Ganda. 2009. Anak Berkebutuhan Khusus: Cara Membantu Mereka Agar Berhasil Dalam Pendidikan Inklusif. Padang: UNP Press
    Sugiyono.2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
    Tairas. Tarumetor. (2009). Refleksiologi . Jakarta: Rineka Cipta
    Tarsidi, Didi. (2007). Pendidikan Anak Tunanetra 1. Bandung: UPI
    Widdjajantin.A& Hitipuew. I.(1996). Ortopedagogik Tunanetra. Jakarta: PPTG Ditjen Dikti, Depdikbud

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2