Main Article Content

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di SLBN 1 Padang pada anak tunagrahita ringan kelas tata boga dilatar belakangi oleh guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan latihan dalam  pembelajaran keterampilan tata boga dengan penugasan secara individual. Selain itu, kemampuan siswa yang bervariasi mengakibatkan siswa mengalami kesulitan membuat puding pisang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian terdiri dari guru kelas dan 4 orang anak tunagrahita ringan. Siklus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan cara observasi, studi dokumentasi dan tes. Hasil menunjukkan bahwa proses dan hasil keterampilan pembuatan puding pisang anak tunagrahita ringan kelas tata boga meningkat melalui pendekatan quantum teaching. Dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran keterampilan tata boga melalui pendekatan quantum teaching dapat meningkatkan keterampilan proses pembuatan puding pisang.

Keywords

puding pisang, pendekatan quantum teaching, anak tunagrahita ringan.

Article Details

How to Cite
Ningsih, Y. N., Efendi, J., & Marlina, M. (2020). Pengaruh Penerapan Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Keterampilan Tata Boga Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 4(1), 27–33. https://doi.org/10.24036/jpkk.v4i1.150

References

    Abdullah, A. G., & Mahmudah, S.(2014) Penggunaan Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Siswa Tunagrahita Ringan Di Slb Ac Dharma Wanita Sidoarjo. Jurnal Ilmu Pendidikan (Akses 22/1/2018 11:45)

    Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

    Badriyah, K. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Penjumlahan 1 Sampai 10 Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Iii Slb Ma’arif Bantul. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 5(4), 420-430. (Akses 22/1/2018 13:45)

    Bobbi, D. (2010). Quantum Teaching. Bandung : Kaifa.

    Depdiknas.(2009). Pedoman Sertifikasi Kompetensi Ketermpilan Khusus.Direktorat Jendral Pendidikan Luar Biasa

    Eveline, S. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

    Marlina.(2017). Teacher's Attitude and Peer Acceptance to Children with Special Needs in Inclusive Primary Schools. Atlantis Press. 245-252. (Akses 22/1/2018 11:45)

    Jumanta, H. (2016) Metodologi Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

    Iskandar. (2011) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada (GP) Press.

    Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

    Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.