Main Article Content

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas efektivitas keterampilan membaca pemahaman untuk anak berkesulitan belajar. Melalui metode survey, question, read, recite, reflect, review (SQ4R) anak dilatih pemahaman membaca dengan langkah-langkah untuk mendapatkan informasi yang menyeluruh. The type of research that researchers use is experimental method with pre-experimental design with one group pretest-posttest design. Implementation in this study using Mann Whitney test. Berdasarkan hasil yang didapat menyatakan bahwa SQ4R secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman untuk anak berkesulitan belajar.

Keywords

SQ4R Membaca Pemahaman Anak Berkesulitan Belajar

Article Details

How to Cite
Safaruddin, S., Nurhastuti, N., Fatmawati, F., Silitonga, E. C., & Z, M. (2018). Efektivitas Metode Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman untuk Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.315

References

    Abdurahman, Mulyono. (2012). Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
    Akkaya, N. (2011). İlköğretim 8. Sınıf Türkçe dersinde okuduğunu anlama stratejilerini kullanmanın, tutuma etkileri. Milli Eğitim Dergisi, 191, 68-77.
    Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
    Aris, S. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
    Awada, G., & Gutiérrez-Colón Plana, M. (2018). Multiple Strategies Approach and EFL Reading Comprehension of Learners with Dyslexia: Teachers’ Perceptions. International Journal of Instruction, 11(113), 463–476. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11332a
    Balta, E.E. & Demirel, Ş. (2012). Waldmann modelinin 8. Sınıf öğrencilerinin okuduğunu anlama ve eleştirel düşünme becerilerine etkisi. Turkish Studies 7(3), 469-479.
    Başar, M., & Gürbüz, M. (2017). Effect of the SQ4R technique on the reading comprehension of elementary school 4th grade elementary school students. International Journal of Instruction, 10(2 PG-131-144), 131–144. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1029a
    Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Bandar Lampung: Rajawali Pers.
    Dewi, C.K (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sistem Ekskresi Melalui Penerapan Model Pembelajaran SQ4R bagi Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Cepiring Semester 2Tahun Pelajaran 2015/2016. Majalah Ilmiah Inspiratif, 2 (2), 1-10.
    Dibia, K., Sudarma, K., Gunarsa, D. M. (2018). Pengaruh Strategi SQ4R Berbantuan Satua Bali Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. e-Journal PGSD, 6 (1), 10-19.
    Edmonds, M. S., Vaughn, S., Wexler, J., Reutebuch, C., Cable, A., Tackett, K. K., & Schnakenberg, J. W. (2009). A synthesis of reading interventions and effects on reading comprehension outcomes for older struggling readers. Review of educational research, 79(1), 262-300. https://doi.org/10.3102/0034654308325998
    Ermanto. (2008). Keterampilan Membaca Cerdas. Padang: UNP PRESS.
    Iswahyudi,G.,Budiyono,& Wulandari, S (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Gaya Belajar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4 (1), 34-47.
    Jamaris, M. (2009). Anak Berkesulitan Belajar Perseptif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.
    Joseph, L. M., Alber-Morgan, S., Cullen, J., & Rouse, C. (2016). The Effects of Self-Questioning on Reading Comprehension: A Literature Review. Reading and Writing Quarterly, 32(2), 152–173. https://doi.org/10.1080/10573569.2014.891449
    Khusniyah, N. L., & Lustyantie, N. (2017). Improving English Reading Comprehension Ability through Survey, Questions, Read, Record, Recite, Review Strategy (SQ4R). English Language Teaching, 10(12), 202. https://doi.org/10.5539/elt.v10n12p202
    Miller. J. W. (2016). World's Most Literate Nations Ranked. Diakses pada: https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data
    Nazir. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
    Safaruddin, Efrina, E., & Yunus, M. (2013). Pengaruh Program Jaws Terhadap Kemampuan Mengetik Pada Tunanetra Di Psbn Tuah Sakato Padang. Jurnal Pendidikan Khusus, 2(3), 408–418.
    Soemarjadi. 1991. Pendidikan keterampilan. Jakarta: Depdikbud Dikti.
    Sudarto, Z. (2017). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 463-476.
    Taufan, J., & Mazhud, F. (2016). Kebijakan-Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di Sekolah X Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1), 62–75.
    Wahyuni, D. (2016). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Vb Sd Negeri 004 Bukit Datuk Kota Dumai Tahun Pelajaran 2015/2016. E-Jurnal mitra pendidikan, 20, 79–90.
    Wong, L. (2009). Essential Study Skills Sixth Edition. New York: Houghton Mifflin Company.
    Yusniar, Rasjid. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) Dengan Metode Talking Stick Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 9 Makassar. Jurnal BIOTEK, 3, 173- 183.