Main Article Content

Abstract

Penelitian ini didasari dari kurangnya ketersedian lapangan pekerjaan bagi anak dengan hambatan pendengaran. Sementara pemerintah yang tertuang undang-undang sudah berupaya penuh untuk memfasilitasi dalam pengembangan penyandang disabilitas pada umumnya dan anak dengan hambatan pendengaran khususnya. Selain itu kurikulum juga sudah mendukung untuk terlaksananya pembelajaran yang berbasis soft skill dalam bentuk keterampilan vokasional sehingga pengkajian mengenai model untuk pembelajaran dirasa perlu terus dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan model pembelajaran keterampilan membuat ikan bakar yang dilakukan di sekolah sehingga nanti akan menemukan acuan untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai kebutuhan anak. Mengingat bahwasanya model merupakan seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran. Sehingga target pembelajaran dapat terlaksana dan tertata dengan jelas. Penelitian ini berangkat dari paradigma post-positivistik dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan dan metode ini dipilih dengan mempertimbangkan bahwa pendekatan dan metode ini lebih membuka peluang untuk mendapatkan informasi yang mendalam tentang proses dan dapat mengembangkan sebuah model pembelajaran.

Keywords

Pembelajaran Keterampilan Ikan Bakar Anak Hambatan Pendengaran

Article Details

How to Cite
Muspita, R., Safaruddin, S., Ardisal, A., & Sopandi, A. A. (2018). Pembelajaran Keterampilan Membuat Ikan Bakar Bagi Anak Hambatan Pendengaran. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 48–50. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.526

References

    Aji Permana, Septian. (2017). Strategi Pembelajaran IPS Kontenporer. Yogyakarta: Media Akademi
    Daryanto, dkk. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
    Eko Agustinova, Danu. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitaif. Yogyakarta: Calpulis
    Iswari, Mega. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press
    Rusma. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KENCANA
    Rivai & Murni. (2012). Education Management. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
    Soemardji. (1991). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud Dikti
    Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
    Sumekar, Ganda. (2009). AnakBerkebutuhanKhusus. Padang: UNP Press
    Tisnawati, ernie, dkk. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: KENCANA
    Tjiptono, Fandi, dkk. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV. Andi Offset
    Tri Priyanti, Endah, dkk. (2017). Pembelajarn Reflektif : Model Pembelajaran Reflektif yang Responsif Teknologi. Tanggerang: Tira Smart
    Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group