Main Article Content

Abstract

Reading is the first obligation that God commands His people. Because by reading we can find out what is not yet known. Reading can sharpen thinking power and improve writing skills. Reading is not only explicit but also implied from all natural phenomena. So that reading activities run well, a place that can accommodate both reading and writing activities is needed. The place referred to in this paper is in the form of TBM. For the implementation of reading activities smoothly, it is necessary to manage the institution which includes planning, implementing, organizing, evaluating and developing. TBM not only functions as a place to read and write but also at the same time other activities that support reading activities, such as sports and arts activities, entertainment and recreation, so these activities need to be programmed at TBM.

Keywords

Membangun, Gemar Membaca, Pengelolaan

Article Details

How to Cite
Syur’aini, S., Jamaris, J., & Jalius, J. (2019). Building Reading Fondness Through Management Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 17–21. https://doi.org/10.24036/jpkk.v3i2.545

References

    A, Doni Koesoema. 2009. Pendidik Karakter di Zaman Keblinger: Mengembangkan Visi Guru sebagai Pelaku perubahan dan Pendidik Karakter. Jakarta: Grasindo.
    Artana, 2015. Perpustakaan, Masyarakat, Dan Pembudayaan Gemar Membaca Acarya Pustaka, Volume 1, No. 1, Juni 2015
    Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan
    Penyelenggaraan Keaksaraan Dasar, Keaksaraan Usaha Mandiri, dan Taman Bacaan Masyarakat Rintisan (Dekonsentrasi) Tahun 2012. Jakarta
    Indriyani, Isti, dkk. 2017. Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Kekeluargaan Dan Dampaknya Terhadap Kemajuan Literasi Masyarakat (Studi pada Taman Bacaan Masyarakat Pondok Maos Guyub Desa Bebengan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.) Skripsi PLS FIP Unersitas Negeri Semarang
    Lestari, Gunarti Dwi dan Heryanto Susilo. 2011. Model Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kreatif: Upaya
    Melestarikan dan Memperkuat Kemampuan Keaksaraan dan Usaha Mandiri. JPNF. Edisi 8 Tahun 2011.
    Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan. Jakarta: Viskom Pratama.
    Ningrum, Marta Dwi. 2015. Dampak Program Pendidikan Kecakapan Hidup di Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara
    Bagi Perempuan di Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Andragogia-Jurnal PAUDNI Volume 8/No 1 – Juli 2015.
    Novitasari, Nastiti, dkk. 2018. Strategi Membangun Masyarakat Gemar Membaca. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume 3 Nomor 2 tahun 2018, halaman 267-270.
    Oktarina, Ary. 2018. Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui program Literasi di SD Golo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 30 tahun ke-7 2018.
    Permadi, Agie. 2018. Perkembangan Pendidikan Di Era Digital https://ulm.ac.id/id/2018/07/27/perkembanganpendidikan-di-era-digital/. Online. Diakses tanggal 30 September 2018.
    Rahmawati, Ratih dan Blasius Sudarsono. 2012. TBM Untuk Rakyat Dialog Anak dan Bapak. Jakarta: Sagung Seto
    Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
    Shaleh, Rahmat. 2009. Masyarakat dan PAUD. Jakarta : Rineka Cipta
    Yulianti. 2018. http://www.tzuchi.or.id/inspirasi/kisah-humanis/tantangan-pendidikan-di-era-digital/56. Online. Diakses tanggal 28 September 2018